Ibu di Tapteng Melahirkan di Halaman Puskesmas yang Tutup, Sekda Buka Suara

ADVERTISEMENT

Ibu di Tapteng Melahirkan di Halaman Puskesmas yang Tutup, Sekda Buka Suara

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Rabu, 30 Nov 2022 13:51 WIB
Baby leg fingers. Shallow DOF. Developed from RAW; retouched with special care and attention; Small amount of grain added for best final impression. 16 bit Adobe RGB color profile.
Ilustrasi Bayi (iStock)
Medan -

Video yang menunjukkan seorang wanita melahirkan di halaman puskesmas di Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, viral. Wanita itu disebut melahirkan di halaman karena puskesmas dalam keadaan tutup.

Dilihat detikSumut dalam video, Rabu (30/11/2022), terlihat wanita yang menggunakan baju berwarna merah muda itu terlihat lemas terduduk di lantai. Terlihat ada bayi yang masih berlumuran darah keluar dari bagian bawah wanita itu.

Wanita itu terlihat dipegangi oleh seorang pria berbaju biru. Pria tersebut terlihat mengurut leher wanita itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tapteng, Yetti Sembiring saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu. Peristiwa itu disebut terjadi pada Sabtu (26/11) yang lalu di Puskesmas Kecamatan Tukka, Tapteng.

"Kejadiannya pasien tidak tahu jadwal bersalinnya, kemudian nyampe di Puskesmas Tukka sekitar jam 15.00 WIB. Puskesmas Tukka adalah puskesmas rawat jalan bukan rawat inap. Jam operasional puskesmas sampai dengan jam 14.00 WIB," kata Yetti seperti dilansir detikSumut.

Yetti mengatakan saat itu petugas dari puskesmas yang rumahnya di sekitar lokasi langsung datang dan memberikan bantuan. Kondisi ibu dan bayi yang dilahirkan disebut dalam keadaan sehat.

Baca selengkapnya di sini.

(idh/idh)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT