Jokowi Bicara Lagi Prinsip Penting Pemimpin Indonesia: Sadar Perbedaan

ADVERTISEMENT

Jokowi Bicara Lagi Prinsip Penting Pemimpin Indonesia: Sadar Perbedaan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 29 Nov 2022 10:38 WIB
Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara lagi mengenai prinsip penting pemimpin Indonesia. Jokowi mengatakan pemimpin Indonesia harus menyadari keberagaman bangsa.

"Betapa negara kita ini negara sangat besar sekali. Itu yang sering kita tidak sadar dan yang paling penting pemimpin Indonesia sekarang ke depan dan ke depannya lagi siapa pun harus menyadari bahwa Indonesia ini beragam," kata Jokowi saat meresmikan pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo BangkuleRajakng di Pontianak seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/11/2022).

"Harus sadar mengenai keberagaman, Indonesia yang berbeda-beda, yang beragam karena buat kita keberagaman itu adalah kekayaan besar bangsa kita. Benar? " sambung Jokowi.

Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara besar. Menurut dia, keberagaman itu merupakan kekayaan bangsa Indonesia.

"Ini prinsip bagi pemimpin Indonesia siapapun sebagai negara besar kita harus menyadari mengenai keberagaman itu. Dan keberagaman, perbedaan Itu adalah sebuah kekuatan bukan kelemahan. Hati-hati. keberagaman itu adalah kekuatan kita, bukan kelemahan kita," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan perbedaan itu bukan untuk memecah belah masyarakat. Namun, kata Jokowi, perbedaan menjadi kekuatan Indonesia untuk menjadi bangsa maju.

"Jangan sampai karena kita berbeda suku, berbeda subsuku menjadi kelihatan pecah-belah. justru karena kita berbeda-beda itu lah.... menjadi sebuah kekuatan besar," imbuh Jokowi.

Jokowi senang banyak warga hadir di Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo BangkuleRajakn. Dia berpesan agar budaya jangan sampai dilupakan.

"Jangan dilupakan mengenai budaya, mengenai kebudayaan. jangan dilupakan. kita harus bersama-sama merawat, bersama-sama menjaga bersama-sama memelihara agar budaya kita tetap terawat dengan baik. Setuju? Setuju?" imbuh Jokowi.

Lihat juga video 'Ketum Projo Sebut Kode 'Rambut Putih' Jokowi Tidak Produktif':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT