Jokowi Minta Reputasi Global dan Pembangunan Dilanjut Pemimpin Berikutnya

ADVERTISEMENT

Jokowi Minta Reputasi Global dan Pembangunan Dilanjut Pemimpin Berikutnya

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 10:08 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara relawan dengan tema 'Nusantara Bersatu' di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Dia berseru bahwa pembangunan yang selama ini dibangun pada masa kepemimpinannya harus dilanjutkan. Hal ini juga meliputi reputasi global.

"Oleh sebab itu, pembangunan yang sudah kita lakukan, reputasi global yang sudah kita raih, harus kita lanjutkan, setuju?" kata Jokowi kepada para relawan, Sabtu (26/11/2022).

"Setuju!" jawab para relawan.

Bahkan Jokowi mengulangi ucapan tersebut. Dia mengajak para relawan mendukung pembangunan ini hingga 2045.

"Saya ulangi, pembangunan yang sudah kita lakukan, reputasi global yang sudah kita peroleh, harus kita lanjutkan, setuju? Dilanjutkan sampai 2029, setuju? Dilanjutkan sampai 2045, setuju? Dilanjutkan sampai seterusnya, seterusnya, seterusnya," katanya.

Selanjutnya, Jokowi bertekad membawa Indonesia ke lima besar negara dengan ekonomi terkuat di dunia. Hal ini bisa dikerjakan bila semua pihak mau bekerja dengan keras.

"Kita ingin negara kita di 2045 menjadi lima besar ekonomi terkuat di dunia kalau kita konsisten bekerja keras, kalau kita berani memutuskan, dan tidak takut dengan negara mana pun," ujarnya.

"Saat kita menyetop ekspor bahan mentah nikel, kita dibawa ke WTO, baru dua bulan yang lalu kita kalah. Tapi keberanian kita menghilirasasi bahan-bahan mentah itulah yang akan kita terus lanjutkan meskipun kita kalah di WTO," sambungnya.

Lebih lanjut, Jokowi menargetkan GDP ekonomi Indonesia mencapai USD 7 triliun pada 2045. Hal ini, katanya, bisa mengubah Indonesia menjadi negara maju.

"Kita ingin GDP ekonomi kita bisa mencapai nantinya USD 7 triliun di 2045. Artinya, kita sudah menjadi negara maju. Tapi ini tidak mudah, butuh kerja keras, butuh kerja keras," katanya.

(azh/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT