Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Korupsi, MA Pastikan Ambil Sikap

ADVERTISEMENT

Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka Korupsi, MA Pastikan Ambil Sikap

Andi Saputra - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 23:17 WIB
Gedung MA
Gedung MA (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

KPK mengumumkan secara resmi status Hakim Agung Gazalba Saleh menjadi tersangka korupsi. Diduga Gazalba Saleh menerima suap sebesar Rp 2,2 miliar untuk memenjarakan pengurus KSP Intidana.

"Terkait proses hukum yang dihadapi GZ setelah KPK menetapkan dan mengumumkan sebagai tersangka, kami banyak menerima pertanyaan dari wartawan/media yang menanyakan tindaklanjutnya seperti apa, apakah langsung penonaktifan? Apa tanggapan MA sehubungan dengan hal tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami menjawab bahwa MA akan mengambil sikap nanti pada waktunya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata jubir MA Andi Samsan Nganro kepada wartawan, Senin (28/11/2022).

Gazalba Saleh sendiri telah melawan KPK dengan melakukan praperadilan ke PN Jaksel. Praperadilan itu masih diproses di PN Jaksel.

"Oleh karena itu kita tunggu saja perkembangan selanjutnya," ujar Andi Samsan Nganro.

Di sisi lain, Gazalba Saleh mangkir dari pemeriksaan KPK. Oleh sebab itu, KPK meminta Gazalba Saleh kooperatif terhadap panggilan penyidik KPK.

"Dalam proses penyidikan perkara dengan tersangka Sudrajad Dimyati dkk, KPK kemudian menemukan kecukupan alat bukti mengenai adanya dugaan perbuatan pidana lain dan ditindaklanjuti ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan tersangka Gazalba Saleh, Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI," kata Karyoto dalam konferensi pers, Senin (28/11).

(asp/maa)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT