Gazalba Saleh Tersangka, KPK Kaji Ajukan Pencegahan ke Imigrasi

ADVERTISEMENT

Gazalba Saleh Tersangka, KPK Kaji Ajukan Pencegahan ke Imigrasi

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 21:08 WIB
Gedung baru KPK
Gedung KPK (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Hakim Agung Gazalba Saleh masih belum ditahan setelah KPK menetapkannya sebagai tersangka di kasus suap penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Agung (MA). KPK bakal mempertimbangkan untuk mengajukan pencegahan Gazalba ke Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi).

"Masalah cegah dan tidak itu, bisa nanti mungkin akan kami kaji kembali," kata Deputi Bidang Penindakan KPK Karyoto dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Senin (28/11/2022).

Karyoto menjelaskan pihaknya menghargai alasan Gazalba untuk penundaan menyerahkan diri. Namun, dia memastikan bakal melayangkan pemanggilan ulang terhadap Gazalba Saleh sebagai tersangka.

"Masalah pencegahan GS, yang memang alasan menunda, memang ada suratnya. Sehingga kita tetap menghargai dan kita juga akan segera kita kirimkan," jelas dia.

Sejatinya, KPK telah melayangkan surat panggilan pertama kepada Gazalba Saleh pada Senin (28/11). Akan tetapi, dia tidak memenuhi panggilan KPK.

"Informasi yang kami peroleh, benar hari ini (28/11) tim penyidik menjadwalkan pemanggilan pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan korupsi di MA," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Ali menyebut surat pemanggilan itu telah dilayangkan pihak KPK terhadap Gazalba Saleh. Dia mengimbau Gazalba kooperatif dalam memenuhi panggilan KPK.

"Surat sudah dikirimkan. Kami berharap para pihak tersebut koperatif hadir memenuhi panggilan dimaksud," tutup Ali.

Diberitakan, KPK resmi mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh jadi tersangka korupsi. Dia ikut terseret dari pengembangan operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati (SD).

"Dalam proses penyidikan perkara dengan Tsk SD dkk, KPK kemudian menemukan kecukupan alat bukti mengenai adanya dugaan perbuatan pidana lain dan ditindaklanjuti ke tahap penyidikan dengan menetapkan dan mengumumkan Tersangka, Gazalba Saleh, Hakim Agung pada Mahkamah Agung RI," ucap Karyoto.

Selain Gazalba Saleh, KPK turut menetapkan dua orang lainnya sebagai tersangka. Dia adalah Prasetio Nugroho selaku Hakim Yustisial, Panitera Pengganti pada Kamar Pidana MA RI dan Asisten Hakim Agung Gazalba Saleh dan Redhy Novarisza selaku Staf Hakim Agung Gazalba Saleh.

(knv/knv)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT