Layanan MCS BPJS Kesehatan Permudah Warga Daftar Jadi Peserta JKN

ADVERTISEMENT

Layanan MCS BPJS Kesehatan Permudah Warga Daftar Jadi Peserta JKN

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 18:39 WIB
Layanan Mobile Customer Service (MCS)
Foto: dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Layanan Mobile Customer Service (MCS) dari BPJS Kesehatan mempermudah masyarakat mengakses program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satunya untuk mendaftar menjadi peserta JKN.

Pengalaman itu sudah dirasakan oleh Arni (27), warga Makassar, Sulawesi Selatan yang merupakan peserta JKN segmen Penerima Bantuan Iuran Anggaran Pendapatan Belanja Negara (PBI APBN). Arni menggunakan MCS untuk mendaftarkan anaknya.

"Saya sekeluarga menerima bantuan jaminan kesehatan gratis dari pemerintah, tapi anak saya yang kecil itu belum terdaftar. Untungnya pas ke Kantor Dinas Sosial ini ada Mobil MCS BPJS Kesehatan jadi bisa langsung mendaftar anak saya," ungkap Arni dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (28/11/2022).

Untuk dapat diajukan menjadi peserta PBI seperti dirinya, Arni harus mendaftarkan terlebih dahulu anaknya di kelas tiga Program JKN agar status kepesertaannya aktif.

"Info dari petugas Dinsos anak saya akan diajukan usulan JKN tanggungan pemerintahnya, tapi terlebih dahulu status kepesertaannya harus aktif di kelas tiga," jelas Arni.

Arni merasa dimudahkan dengan hadirnya MCS ini. Sebab, ia tak perlu lagi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengakses pelayanan kepesertaan JKN miliknya.

"Lebih hemat waktu karena bisa sekaligus mengurus administrasi di kantor Dinas Sosial ini, tidak perlu bolak balik kalau ada yang harus di cek kembali sudah ada di satu tempat yang sama," tutur Arni.

Dari MCS itu juga, Arni memperoleh informasi tambahan tentang pelayanan JKN yang dapat diakses cukup melalui telepon pintar saja, yakni via aplikasi Mobile JKN.

"Tadi petugas MCS juga membantu untuk mengunduh Mobile JKN di handphone saya, jadi bisa lebih mudah kalau mau ambil antrean online setiap akan digunakan berobat," sebut Arni.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta Cabang Makassar Muh Syahrul menjelaskan mekanisme terdaftar sebagai peserta JKN segmen PBI. Ia menuturkan Dinas Sosial Kabupaten/Kota dan Kementerian Sosial Republik Indonesia memiliki wewenang dalam pendataan, pendaftaran, dan pengalihan data Penerima Bantuan Iuran (PBI).

"Untuk menjadi peserta PBI Program JKN calon PBI melakukan pendataan diri melalui Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) berdasarkan kriteria sesuai ketentuan yang berlaku," jelas Syahrul.

Syahrul menerangkan Dinas Sosial akan melakukan verifikasi dan validasi data calon PBI untuk kemudian sebagai pengesahan atas data yang sudah diverifikasi, dan divalidasi tersebut akan dibuatkan Surat Keputusan.

"Jadi Dinas Sosial membuat Surat Keputusan (SK) Bupati, Walikota dan Gubernur untuk segmen PBI APBD dan (SK) Menteri Sosial untuk segmen PBI APBN," ujar Syahrul.

(prf/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT