Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Nikita Mirzani

ADVERTISEMENT

Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Nikita Mirzani

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 11:35 WIB
Nikita Mirzani di PN Serang (Foto: Bahtiar/Detikcom)
Nikita Mirzani di PN Serang (Bahtiar/detikcom)
Jakarta -

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim menolak eksepsi yang diajukan terdakwa Nikita Mirzani. Alasannya, dakwaan jaksa sudah sesuai dengan KUHAP.

"Menyatakan bahwa surat dakwaan penuntut umum atas nama terdakwa Nikita Mirzani telah memenuhi syarat formil dan syarat materiil sesuai Pasal 143 ayat 2 huruf a dan b KUHAP," kata JPU Slamet di Pengadilan Negeri Serang, Senin (28/11/2022).

Jaksa juga meminta majelis hakim menolak seluruh eksepsi Nikita dan menetapkan pemeriksaan perkara atas nama Nikita untuk dilanjutkan.

Dalam jawaban atas eksepsi, penuntut umum mengatakan bahwa surat dakwaan Nikita Mirzani telah memenuhi syarat formil dan materil. Keberatan yang disampaikan tim penasihat hukum Nikita disebut telah melampaui lingkup eksepsi karena menyangkut materi perkara pokok.

"Menetapkan bahwa keberatan eksepsi tim penasihat hukum terdakwa dinyatakan tidak dapat diterima atau ditolak seluruhnya," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Nikita Mirzani mengajukan eksepsi atas dakwaan yang disampaikan jaksa. Ada sembilan poin keberatan yang disampaikan kuasa hukum Nikita.

Keberatan secara umum disampaikan adalah soal kewenangan PN Serang yang tidak berwenang mengadili, tidak berwenang secara related yang berwenang adalah PN Jakarta Selatan, dakwaan tidak lengkap-jelas dan cermat, dakwaan disusun alternatif, dakwaan bertentangan dengan asas hukum pidana dan tidak mengurai delik perbuatan terdakwa.

Kemudian dakwaan dianggap tidak cermat dalam dalil korban memiliki apartemen, dakwaan alternatif ketiga bertentangan dan terakhir keberatan tentang foto dan gambar yang diedit tidak dicantumkan di dakwaan.

(bri/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT