KSAL Jadi Warga Kehormatan Kesultanan Tidore, Dianugerahi Gelar Panglima

ADVERTISEMENT

KSAL Jadi Warga Kehormatan Kesultanan Tidore, Dianugerahi Gelar Panglima

Herianto Batubara - detikNews
Senin, 28 Nov 2022 11:11 WIB
KSAL Laksamana Yudo Margono jadi warga kehormatan Kesultanan Tidore
KSAL Laksamana Yudo Margono jadi warga kehormatan Kesultanan Tidore (Foto: dok. Istimewa/Dispen TNI AL)
Jakarta -

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menerima penganugerahan sebagai Warga Kehormatan Kesultanan Tidore. Dia diberi gelar 'Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu'.

Laksamana Yudo dianugerahi gelar tersebut dari Sultan Tidore, H Husain Sjah Suba Jou. Acaranya diadakan di Kedaton Kesultanan Tidore, Tidore, Maluku Utara, Sabtu (26/11/2022).

Dari rilis Dispen TNI AL seperti dilihat detikcom, Senin (28/11), pemberian gelar Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu kepada Laksamana Yudo mempunyai arti, yakni Kapita yang berarti seorang Panglima, Marinyo adalah bagian dari Pertahanan Laut, sedangkan Ngolo Nyili Gulu-Gulu artinya dari tempat yang terjauh. Jadi, gelar Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu bermakna seorang panglima perang laut Kesultanan Tidore di wilayah jauh.

Dalam kesempatan itu, Yudo mengatakan, dia dan jajaran TNI AL merasa terhormat dan bersyukur menerima penganugerahan tersebut. Dia merasa terhormat dapat menjadi bagian dari Kesultanan Tidore.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Sultan Tidore dan Hulubalang Kesultanan Tidore yang telah mengangkat saya sebagai Panglima Perang Laut yang mana ini merupakan suatu kehormatan bagi saya dan jajaran menjadi bagian dari Kesultanan Tidore," ujar Yudo.

KSAL Laksamana Yudo Margono jadi warga kehormatan Kesultanan TidoreKSAL Laksamana Yudo Margono jadi warga kehormatan Kesultanan Tidore (Foto: dok. Istimewa/Dispen TNI AL)

Lebih lanjut, Yudo menyampaikan bahwa negara Indonesia mempunyai wilayah laut yang sangat luas sehingga perlu Angkatan Laut atau pemimpin Panglima Laut yang kuat untuk menjaga wilayah kedaulatan negara. Sebagai bagian dari Kesultanan Tidore, Yudo merasa secara pribadi maupun dinas ikut bertanggung jawab menjaga keamanan dan stabilitas wilayah Tidore dan pastinya serta wilayah perairan Indonesia secara keseluruhan.

Yudo juga berharap dengan adanya kegiatan pemberian gelar ini, tali silaturahmi dengan masyarakat Tidore tetap terjalin dengan erat dan baik.

Sultan Tidore H Husain Sjah Suba Jou menjelaskan pemberian gelar Kapita Marinyo Ngolo Nyili Gulu-Gulu kepada Laksamana Yudo. Yudo dianggap pantas untuk mengemban jabatan tersebut sebagai panglima tertinggi armada laut karena mengingat mayoritas masyarakat Tidore adalah sebagai pelaut yang banyak menggantungkan hidupnya pada lautan. Sehingga masyarakat Tidore mempercayakan gelar panglima tertinggi Armada Laut kepada Kasal Laksamana Yudo untuk dapat menjadi pemimpin yang menjaga wilayah kelautan.

Orang nomor satu di Kesultanan Tidore ini juga berharap, dengan diberikannya gelar tersebut, TNI AL dan masyarakat Tidore mampu memberikan manfaat nyata untuk turut serta berkontribusi menjaga wilayah laut NKRI.

Pada kesempatan ini, Yudo juga memberikan bantuan sembako kepada para Hulubalang Kesultanan Tidore dan masyarakat sekitar. Turut serta hadir dalam penganugerahan gelas tersebut adalah para Pejabat Utama Mabesal, Ketua Umum Jalasenastri Ny Vero Yudo Margono beserta pengurus dan para hulubalang Kesultanan Tidore.

(hri/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT