Temui Bupati Cianjur, Zulhas Bantu Rp 300 Juta untuk Tanggulangi Gempa

ADVERTISEMENT

Temui Bupati Cianjur, Zulhas Bantu Rp 300 Juta untuk Tanggulangi Gempa

Mega Putra Ratya - detikNews
Minggu, 27 Nov 2022 19:16 WIB
Kemendag
Foto: Kemendag
Jakarta -

Mendag Zulkifli Hasan memberikan bantuan uang Rp 300 juta kepada Bupati Cianjur Herman Suherman. Bantuan tersebut untuk diberikan kepada para warga Cianjur korban terdampak gempa berkekuatan 5,6 magnitudo.

"Kita serahkan bantuan dari kami sebesar Rp 300 juta, semoga dapat membantu warga Cianjur," kata Zulkifli dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

Penyerahan bantuan yang bertajuk Kemendag Peduli ini juga disaksikan Kepala BNPB Letjen Suharyanto di selasar Kantor Bupati Cianjur hari ini. Dia menambahkan, semoga Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Pemerintah Pusat dapat bersinergi untuk memulihkan keadaan warga Cianjur yang terdampak gempa.

Terutama, pemulihan ekonomi warga dan perbaikan bangunan rumah yang porak poranda diguncang gempa berkekuatan 5,6 magnitudo.

"Kita jalan bersama untuk memulihkan warga Cianjur, semoga bencana cepat berlalu," ujarnya.

Zulhas menuturkan bantuan yang dialokasikan untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, sedang, maupun ringan juga tengah dipersiapkan. Namun, ia juga meminta masyarakat untuk turut mengawal proses hingga pencairan agar dapat ditujukan untuk membangun kembali rumah yang diguncang gempa.

"Ya pemerintah kan menyiapkan Rp50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp25 juta untuk rumah yang rusak sedang dan seterusnya yang rusak ringan juga dapat bantuan," jelasnya.

"Makanya kita akan minta semua pihak untuk mengawal (bantuan untuk warga) agar dapat sampai ke warga, bisa perbaiki rumah mereka," pungkas Zulhas.

Diketahui, Mendag Zulhas turut didampingi Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno dan sejumlah fungsionaris PAN yang terjun langsung menyapa masyarakat dan memberikan sejumlah bantuan uang tunai dan sembako kepada warga terdampak korban gempa bumi di Cianjur.

(mpr/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT