Kritik Keras PDIP soal Layanan Sewa Sepeda Terbengkalai: Dari Awal Tak Jelas

ADVERTISEMENT

Kritik Keras PDIP soal Layanan Sewa Sepeda Terbengkalai: Dari Awal Tak Jelas

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 27 Nov 2022 06:49 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak (Foto: Dok. DPRD DKI)
Jakarta -

Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak mengkritik Dishub DKI Jakarta terkait layanan sewa sepeda digital 'Gowes' menggunakan QR code saat ini tidak banyak peminat dan kondisinya rusak terbengkalai. Gilbert menyebut sejak awal dirinya tidak setuju dengan program tersebut.

"Sejak awal program ini saya sudah tidak setuju, karena tidak jelas siapa yang mau disasar. Kajiannya sendiri tidak jelas, tetapi sudah digelontorkan," kata Gilbert kepada wartawan, Sabtu (26/11/2022).

Dia mengatakan kondisi sepeda digital 'gowes' yang rusak bukan hanya di Taman Menteng, Jakarta Pusat. Menurutnya, terbengkalainya sepeda-sepeda itu karena Dishub DKI sejak awal tidak memiliki konsep yang jelas untuk program tersebut.

"Sepeda yang rusak karena tidak terpakai, bukan cuma yang di Taman Menteng, tapi hampir seluruhnya. Itu sebabnya saya melihat Dishub sejak awal tidak punya konsep yang jelas soal konsep sepeda ini, termasuk jalur sepeda," ucapnya.

Gilbert menilai sepeda digital 'gowes' tersebut sebagai program yang gagal. Oleh sebab itu, dia meminta sepeda-sepeda itu sebaiknya ditarik kembali.

"Sebaiknya ditarik saja, karena sudah jelas gagal. Daripada membuat kesan tidak baik. Juga evaluasi yang jujur jalur sepeda," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan layanan sewa sepeda digital 'Gowes' menggunakan QR code buatan Pemprov DKI Jakarta saat ini tidak banyak peminatnya. Kini kondisinya rusak dan terbengkalai.

Salah satunya berada di kawasan Taman Menteng, Jakarta Pusat. Layanan sewa sepeda digital 'Gowes' atau 'Bike Sharing' menggunakan QR code yang dibuat oleh Pemprov DKI Jakarta era Anies Baswedan saat ini tidak banyak peminat.

Kini kondisinya terbengkalai dengan sejumlah unit sepeda tak terawat dan mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan jok sepeda yang terlihat sobek.

Dishub DKI Buka Suara

Layanan sewa sepeda digital 'Gowes' menggunakan QR code saat ini tidak banyak peminat dan kondisinya rusak terbengkalai. Menanggapi hal itu, Dishub DKI Jakarta mengatakan layanan sepeda itu sedang dalam tahap evaluasi.

"Sepeda sewa sedang dalam tahap evaluasi seiring dengan terbitnya Pergub 36 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan sepeda tertintegrasi angkutan umum massal. Sebagaimana diketahui sejak tahun 2020 kami melakukan uji coba sepeda sewa sambil menunggu regulasi, dalam uji coba operator yang berminat adalah 'Gowes'," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dihubungi, Sabtu (26/11).

Lihat juga Video: Mejeng di IMOS 2022, Harga Sepeda Listrik Ini Bikin Bergidik!

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT