4 Fakta Dentuman di Jakarta Ternyata dari Acara di Rindam Jaya

ADVERTISEMENT

4 Fakta Dentuman di Jakarta Ternyata dari Acara di Rindam Jaya

Mulia Budi - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 19:33 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Dentuman Misterius di Jabar-Sumsel (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Ilustrasi dentuman misterius (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Suara dentuman didengar sejumlah warga di Jakarta. Banyak warga bertanya melalui Twitter soal asal usul suara dentuman tersebut.

Warganet menjadi heboh di media sosial (medsos) setelah mendengar suara dentuman tersebut. Pasalnya, dentuman tersebut tidak hanya sekali didengar dan terjadi pada siang hari.

Sejumlah akun Twitter mencuit soal suara dentuman ini, Sabtu (26/11/2022). Warganet menyebut dentuman tersebut mirip ledakan bom.

Dentuman itu terjadi sekitar pukul 08.03 WIB tadi. Beberapa netizen mengaku mendengar dentuman hingga tiga kali.

Warganet mengatakan dentuman tersebut terdengar dari arah selatan Jakarta. Warganet lain pun mengomentari cuitan tersebut.

Warganet yang mengaku mendengar dentuman itu mengaku berada di sekitar Kalibata, Jakarta Selatan (Jaksel), hingga Cawang, Jakarta Timur (Jaktim).

Asal usul suara dentuman itu mulai terungkap. Berikut sejumlah fakta terkait dentuman yang didengar di Jaktim hingga Jaksel:

Disebut Berasal dari Rindam

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Budi Sartono membenarkan adanya suara dentuman tersebut. Dia mengatakan suara dentuman itu berasal dari Rindam Jaya, Condet, Jaktim.

"Sesuai informasi yang kami dapat, suara dari kegiatan acara di Rindam," ujar Kombes Budi Sartono saat dimintai konfirmasi.

Budi mengatakan dentuman itu merupakan suara dari acara pembukaan pendidikan di Rindam. Namun dia tak bicara banyak terkait acara tersebut.

"Informasi pembukaan pendidikan, lebih jelas bisa langsung menghubungi pihak Rindam," ujarnya.

Dentuman dari Ledakan TNT

Usut punya usut, suara dentuman itu ternyata berasal dari Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur. Kapendam Jaya Kolonel Cpm Dwi Indra Wirawan membenarkan bahwa suara dentuman berasal dari Rindam Jaya yang menandai pembukaan Pendidikan Tamtama TNI AD, yang berlangsung di Rindam Jaya.

"Acara pembukaan pendidikan yang ada di sana, itu kayak bunyi TNT begitu. Biasanya kan tanda dimulainya pendidikan dan itu tiap acara pembukaan begitu pasti ada," ujar Dwi Indra Wirawan saat dihubungi detikcom, Sabtu (26/11).

Dwi Indra memastikan ledakan TNT dalam acara pembukaan pendidikan Tamtama TNI AD di Rindam itu tak berbahaya. Dia menyebut pihaknya selalu melakukan hal serupa saat mengawali upacara pembukaan pendidikan.

"Iya (tiga kali bunyinya), 'dum... dum... dum...' begitu. Itu TNT tapi nggak membahayakan karena kan naruh-nya juga jauh, bukan di deket-deket. Tiap pembukaan kita begitu juga kok, memang pas ini baru dengar kali ya, jadi langsung ramai," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT