TNI: Dentuman TNT di Rindam Jaya Tandai Pembukaan Pendidikan Tamtama

ADVERTISEMENT

TNI: Dentuman TNT di Rindam Jaya Tandai Pembukaan Pendidikan Tamtama

Mulia Budi - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 16:15 WIB
Twitter
Foto: Ilustrasi media sosial (Getty Images/bombuscreative)
Jakarta -

Pihak TNI memberikan penjelasan terkait suara dentuman yang terdengar di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur tadi pagi. Suara dentuman itu berasal dari peledakan TNT (bahan peledak) yang menandai pembukaan pendidikan Tamtama di Rindam Jaya, Condet, Jakarta Timur.

"Iya, bener (suara dentuman itu berasal dari Rindam Jaya). Acara pembukaan pendidikan yang ada di sana, itu kayak bunyi TNT gitu. Biasanya kan tanda dimulainya pendidikan dan itu tiap acara pembukaan begitu pasti ada," ujar Kapendam Jaya, Kolonel Cpm Dwi Indra Wirawan, saat dihubungi, Sabtu (26/11/2022).

Dwi Indra mengatakan peledakan TNT dilakukan sebanyak tiga kali. Dia memastikan peledakan TNT dalam acara pembukaan pendidikan di Rindam Jaya itu tak berbahaya.

"Iya (tiga kali bunyinya), 'dum... dum... dum...' begitu. Itu TNT tapi nggak membahayakan karena kan naruhnya juga jauh, bukan di deket-deket. Tiap pembukaan kita begitu juga kok, memang pas ini baru dengar kali ya, jadi langsung ramai," ujarnya.

Pembukaan Pendidikan Tamtama

Dia menerangkan peledakan TNT itu dilakukan saat pembukaan pendidikan di Rindam Jaya. Dia menyebut hal itu sebagai tanda dimulainya masa pendidikan prajurit calon TNI di Rindam Jaya.

"Pembukaan pendidikan Tamtama yang mau jadi tentara, itu kurang lebih berapa bulanlah mereka di sana. Nah, ini ceritanya gong awalnya mereka di sana, kita mau melaksanakan pendidikan, biasanya kan ada upacara-upacara tuh," ucapnya.

Sudah Diinformasikan ke Warga

Ia menambahkan pihak Rindam juga telah memberikan pemberitahuan terkait peledakan TNT tersebut kepada warga sekitar. Menurutnya, warga yang kebingungan soal suara itu berada jauh dari lokasi Rindam.

"Padahal saya konfirmasi ke sana ke Rindam itu sudah ada pemberitahuan ke warga sekitar. Nah mungkin yang dengar ini dari warga yang jauh," ucapnya.

Heboh di Media Sosial

Sebelumnya, jagat maya dihebohkan oleh suara dentuman. Suara dentuman itu dikabarkan terdengar di wilayah Jakarta Timur (Jaktim) hingga Jakarta Selatan (Jaksel).

Sejumlah akun Twitter mencuit soal suara dentuman ini, Sabtu (26/11/2022). Beberapa netizen mengaku mendengar dentuman hingga tiga kali.

Disebutkan dentuman itu terjadi sekitar pukul 08.03 WIB tadi. Sebuah akun Twitter menyebutkan suara dentuman itu mirip ledakan bom.

"Dpt laporan dr Warga Jkt yg tinggal d Jaksel:Pd pkl 08.03 WIB trdengar Suara Dentuman mirip ledakan Bom.Dentuman trdengar 3X.Dentuman berasal dr arah Selatan Jkt.Mungkin Warga yg tinggal d sktr Ltg Agung,Srngsng Sawah bahkan Depok&Bogor mungkin jg dengar?" cuit akun @B**_*W, dilihat detikcom, Sabtu (26/11/2022).

Postingan akun tersebut mendapat balasan dari netizen lain. Ada yang mengaku mendengar di sekitar Kalibata, Jaksel, hingga Cawang, Jakarta Timur.

Simak juga 'Surpres Usulan Nama Panglima TNI akan Diserahkan Istana ke DPR 28 November':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT