Pertamina Salurkan 100 LPG 12 Kg untuk Dapur Umum Korban Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

Pertamina Salurkan 100 LPG 12 Kg untuk Dapur Umum Korban Gempa Cianjur

Inkana Putri - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 15:15 WIB
Pertamina Salurkan 100 LPG Bright Gas ke Posko Pengungsi Gempa Cianjur
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Tim Pertamina Peduli terus menyalurkan bantuan bagi para korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Melalui PT Pertamina Patra Niaga, Pertamina Peduli menyalurkan bantuan 10 tabung Bright Gas 12 kg ke dapur umum Posko Siaga Bencana ESDM, Jumat (25/11).

Manager CSR & SMEPP Pertamina Patra Niaga, Sri Nur Hidayati mengatakan bantuan tersebut diberikan untuk mendukung pengolahan dan penyediaan makanan siap saji di dapur umum yang berlokasi di posko-posko pengungsian.

"Untuk mendukung kebutuhan penyediaan makanan siap saji di dapur umum yang digunakan untuk tim penanggulangan bencana maupun pengungsi, Pertamina menyalurkan LPG Bright Gas 12 Kg untuk kegiatan memasak," ujar Nur dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/11/2022).

Hingga Jumat (25/11), Pertamina Patra Niaga telah menyalurkan 100 tabung Bright Gas 12 Kg ke Dinas Sosial Cianjur, Food Truck PLN, Posko BPBD Kab Cianjur, Posko Kodim, Posko Kemensos, dan Posko ESDM.

Di samping itu, tim Pertamina Peduli saat ini juga sudah menyiagakan Posko Pertamina Peduli bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Cianjur untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak. Selain bantuan langsung, Pertamina turut mengirimkan tenaga medis yang disiagakan di wilayah bencana.

Posko Siaga Bencana ESDM saat ini menjadi tempat tinggal sementara bagi para pengungsi yang menjadi korban gempa bumi Cianjur. Meski hujan terus mengguyur area pengungsian, sekumpulan warga tetap melakukan aktivitas sehari-hari.

Menjadi korban gempa tidak mematahkan semangat ibu-ibu di Mekarsari, Cianjur untuk terus bergotong royong membantu sesama para pengungsi. termasuk mengolah makanan siap saji di dapur umum.

Seorang pengungsi di dapur umum, Dede Kurniasih mengatakan setiap harinya ia bersama 9 orang ibu-ibu pengungsi lainnya mampu mengolah makanan untuk 120 orang, ditambah dengan 60 liter nasi siap saji setiap harinya.

Ia menyebut dapur umum ini mulai beroperasi sejak hadirnya bantuan LPG dari Pertamina sehingga mereka dapat memasak makanan siap saji lebih cepat.

"Alhamdulillah, berkat Pertamina satu hari bisa masak untuk 120 orang. Total ada 10 gas (Bright Gas 12 Kg) semuanya bagus dan awet, setiap memasak (nasi) bisa 60 liter setiap harinya," pungkas Dede.

Simak juga 'Gage Puncak Berlaku, Terkecuali Kendaraan Bantuan Gempa Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(akd/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT