Begini Kerusakan Situs Gunung Padang Akibat Gempa Cianjur

ADVERTISEMENT

Begini Kerusakan Situs Gunung Padang Akibat Gempa Cianjur

Ikbal Selamet - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 14:17 WIB
Kondisi di Gunung Padang.
Situs Gunung Padang (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Gunung Padang, yang berlokasi di Cianjur, Jawa Barat, mengalami kerusakan. Gunung Padang turut terdampak dari gempa bumi.

Dilansir detikJabar, Sabtu (26/11/2022), Koordinator Juru Pelihara Situs Gunung Padang, Nanang Sukmana, menjelaskan kerusakan Gunung Padang di bagian tourist information center (TIC). Plafon TIC roboh akibat gempa.

"Jadi yang rusak kantor TIC, itu pun hanya plafonnya yang jatuh. Kalau situs utamanya aman, tidak ada kerusakan apa pun," ucap Nanang, Sabtu (26/11/2022).

Menurutnya, aktivitas wisata di Gunung Padang saat ini masih berjalan. Wisatawan dari luar daerah pun masih banyak yang berdatangan untuk melihat kemegahan struktur bangunan peninggalan leluhur itu.

"Yang berkunjung masih banyak, terutama rombongan pelajar. Tapi tidak sebanyak sebelumnya, karena Cianjur masih berduka pascagempa," jelasnya.

Gunung Padang merupakan situs megalitikum yang dibangun pada 5200 sebelum Masehi (SM). Situs dengan luas 291.800 meter persegi itu berlokasi di Kampung Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Simak selengkapnya di sini

Saksikan Video 'Curhat Pengungsi Gempa Cianjur: Mekanisme Logistik Jangan Dipersulit':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT