H+5 Gempa Cianjur, Polri Evakuasi 1 Korban Kondisi Lemah

ADVERTISEMENT

H+5 Gempa Cianjur, Polri Evakuasi 1 Korban Kondisi Lemah

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 13:59 WIB
Pencarian korban gempa Cianjur terus dilakukan. Selain SAR gabungan, pencarian itu juga mengerahkan anjing pelacak.
Foto: AP/Tatan Syuflana
Jakarta -

Polri terus membantu penanganan gempa di Cianjur, Jawa Barat. Pagi tadi, Polri berhasil mengevakuasi satu korban dalam kondisi lemah.

"Pagi ini tadi sudah dievakuasi satu orang masyarakat, dalam kondisi yang lemah, yang perlu segera perawatan," kata Asops Kapolri Irjen Setya Agung Effendi di lokasi gempa, Sabtu (26/11/2022).

Agung menyebut korban tersebut langsung diberi pertolongan. Korban itu dirawat di RS Bhayangkara.

"Yang kemudian medis segera dilakukan evakuasi, sudah kita berhasil kita evakuasi. Kondisinya sekarang pasien sudah ada Rumah Sakit Bhayangkara untuk kita rawat," ujarnya.

Selanjutnya, Agung mengatakan kondisi cuaca di lokasi hujan kecil. Dia menyebut pihaknya terus melakukan pantauan di lokasi-lokasi pengungsian.

"Kita tentu terus memantau pasien-pasien yang lain. Kita kondisi sekarang sudah mulai mendung rintik-rintik hujan, tentu kondisi pengungsi di pengungsian harus kita tetap pantau," katanya.

Lalu Agung menyebut lokasi korban tersebut masih terisolasi. Pasalnya, kendaraan roda empat belum bisa mengakses jalan ke lokasi itu.

"Iya, lokasi terisolasi karena (kendaraan) roda empat belum bisa masuk, dan ini sudah kita lakukan upaya dengan masuk dengan personel Brimob dulu sampai ke lokasi," katanya.

Sebelumnya, korban tewas akibat gempa magnitudo (M) 5,6 di Cianjur, Jawa Barat, bertambah. Korban tewas menjadi 310 orang.

"Yang jumlah meninggal sampai saat ini menjadi 310 orang, dan yang masih belum diketemukan adalah 24 orang," ujar Kepala BNPB Suharyanto dalam konferensi pers, Jumat (23/11).

Suharyanto mengatakan Tim SAR akan terus mencari korban yang hilang tersebut.

"Sehingga, 24 orang ini, masih dicari terus. Tapi 24 orang ini sudah jelas identitasnya. Kalau ditemukan tinggal dikurangi jumlah yang hilang," katanya.

Simak Video 'Gage Puncak Berlaku, Terkecuali Kendaraan Bantuan Gempa Cianjur':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT