Cerita Jokowi Busungkan Dada Salami Biden dan Xi Jinping di KTT G20 Bali

ADVERTISEMENT

Cerita Jokowi Busungkan Dada Salami Biden dan Xi Jinping di KTT G20 Bali

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 26 Nov 2022 10:28 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia terus percaya diri dan optimistis. Dia menceritakan saat Indonesia menggelar KTT G20 di Bali pada tengah bulan lalu.

"Kita harus yakin akan kemampuan kita sendiri, kita harus percaya diri dan optimis. Waktu kemarin di G20, semua lihat kan? Kita mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak di antara negara besar dunia," kata Jokowi, Sabtu (26/11/2022).

Jokowi menyampaikan hal itu dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. Jokowi lalu menceritakan momen dirinya bersalaman dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

"Saya saat bersalaman dengan mereka, dengan Presiden Biden, Presiden Joe Biden, saya salaman juga...," ucap Jokowi.

Dia sempat memperagakan cara dia bersalaman dengan Biden. Jokowi tampak membusungkan dada dengan mengarah muka ke depan. Hadirin pun bergemuruh.

Jokowi mengatakan Indonesia merupakan negara besar. Dia kembali memperagakan caranya bersalaman, kali ini dengan Xi Jinping.

"Waktu salaman dengan Presiden Xi Jinping, di sana negara besar, kita juga negara besar. Saya salaman begini," ucap dia.

Jokowi mengatakan bersalaman tanpa menunduk. Dia kembali meminta masyarakat Indonesia untuk percaya diri dan optimistis.

"Kita harus percaya diri dan optimis, mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak, menunjukkan bahwa kita negara besar yang benar-benar memiliki keinginan untuk menjadi negara maju," katanya.

"Dengan kerja keras yang tinggi, dengan kerja keras tanpa lelah, dengan kerja keras tanpa menyerah, jangan dikit-dikit mengeluh, jangan dikit-dikit mengeluh, bukan bangsa pekerja keras itu namanya," tambahnya.

(jbr/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT