Pohon di Jalan Margonda Raya Depok Dipasang Barcode, Apa Fungsinya?

ADVERTISEMENT

Pohon di Jalan Margonda Raya Depok Dipasang Barcode, Apa Fungsinya?

Devi Puspitasari - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 16:24 WIB
Pohon di Margonda Depok dipasang barcode.
Pohon di Margonda Depok dipasangi barcode. (Devi/detikcom)
Depok -

Sejumlah pohon di Jalan Margonda Raya dan Jalan Ir Haji Juanda Depok dipasangi barcode. Apa fungsinya?

detikcom menyusuri Jalan Raya Margonda dan Jalan Ir H Juanda yang pohon-pohonnya dipasangi barcode pada sisi batang pohon. Di Jalan Raya Margonda, pohon yang dikalungi barcode tersebut terletak di tengah pembatas jalan, sedangkan di Jalan Ir H Juanda terletak pada pinggir jalan dan tengah pembatas jalan.

Salah seorang warga bernama Ayub (51) mengaku tidak mengetahui fungsi barcode tersebut. Ayub menilai barcode di pohon itu menghabiskan anggaran.

"Kayanya nggak terlalu berfungsi, buang-buang biaya bikin mika begitu. Mungkin sekilas buat jenis pohonnya bagus, tapi fungsi utamanya untuk edukasi ini saya baru tahu," kata Ayub.

Ayub menilai bahwa penempatan lokasi pohon ber-barcode tersebut kurang tepat karena jarang dilalui pejalan kaki maupun anak sekolah. Apalagi tujuan pemasangan barcode itu untuk edukasi.

"Mungkin edukasinya kalau ke Kebun Raya Bogor, Ragunan, wajar kalau buat edukasi. Kalau buat edukasi, saya nggak pernah lihat ada anak sekolah dibawa ke sini untuk edukasi," kata Ayub.

Perlu diketahui, fungsi barcode yang digantungkan pada batang pohon di kedua ruas Jalan Margonda Raya dan Jalan Ir H Juanda ini bertujuan mengedukasi warga dalam mengenali berbagai jenis pohon. Pejalan kaki dapat men-scan barcode hingga muncul jenis pada pohon tersebut.

Di sisi lain, seorang pengendara motor bernama Saeful (26) menyebut penempatan barcode tidak pada lokasi yang tepat.

"Kalau jalan nyantai sih tapi ini jalan yang lajunya kencang-kencang, pejalan kaki juga jarang disini. Menurut saya kurang berguna, space-nya kurang tepat," kata Saeful.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Depok melalui situs resmi Pemkot Depok menerangkan pemasangan barcode di ribuan pohon di sepanjang ruas jalan Margonda dan Juanda Depok, berisi informasi edukasi berupa nama pohon, nama ilmiah, umur maksimal pohon, tinggi maksimal, daya serap CO2, lokasi pohon, dan kode pohon untuk pendataan.

(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT