Atap SDN Bantarjati Bogor Ambruk Lagi, Disdik Perbaiki Tahun Depan

ADVERTISEMENT

Atap SDN Bantarjati Bogor Ambruk Lagi, Disdik Perbaiki Tahun Depan

M Sholihin - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 17:20 WIB
Atap ruang kelas SDN Bantarjati 9 Bogor. (M Sholihin/detikcom)
Atap ruang kelas SDN Bantarjati 9, Bogor (M Sholihin/detikcom)
Bogor -

Atap ruangan kelas di SDN Bantarjati 9, Kota Bogor, ambruk lagi. Pemkot Bogor melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor akan memperbaiki atap yang ambruk tahun depan.

"Karena ini sudah akhir tahun, Disdik sudah berkoordinasi dengan Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah), ajuan perbaikan SDN Bantarjati 9 dimasukkan pada tahun anggaran (TA) 2023," kata Sekretaris Disdik Kota Bogor Dani Rahadian, Jumat (25/11/2022).

Dani menyebut anggaran yang disiapkan untuk perbaikan atap yang ambruk mencapai Rp 120 juta, yang diambil dari pengurangan kegiatan Bidang Sarana dan Prasarana Disdik Kota Bogor.

"Anggaran diambil dari pengurangan kegiatan sarpras lainnya. Untuk atap kisaran Rp 180-200 juta," kata Dani.

Diberitakan sebelumnya, atap ruangan kelas di SDN Bantarjati 9 Bogor Utara, Kota Bogor, ambruk. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

"Kejadian atap atau plafon sekolah ambruk, titik kejadian di SDN Bantarjati 9 Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Tidak ada korban jiwa ataupun luka," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patricinio Freitas, Minggu (20/11).

Theo menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (19/11) siang sekitar pukul 13.00 WIB. Atap yang ambruk berada di ruangan yang sebelumnya biasa digunakan untuk belajar siswa kelas I dan II SDN Bantarjati 9, Kota Bogor.

Atap ruang kelas ini kemudian kembali ambruk pada Jumat (25/11) siang sekitar pukul 12.10 WIB. Meski tidak ada korban jiwa karena ruang sudah dikosongkan sejak dua bulan lalu, kejadian ini sempat membuat panik para guru yang berada di sekolah.

"Jadi ini sebenarnya kejadian kedua. Pada Sabtu lalu itu kan ambruk cuma plafonnya saja sebagian di ruang kelas. Nah, hari ini tadi pukul 12.09 WIB saat bapak-bapak guru di sini sedang salat Jumat, (atap) ambruk lagi," kata Plt Kepala SDN Bantarjati 9 Suci Iriyani saat ditemui di lokasi, Jumat (25/11/2022).

"Jadi sekarang ambruk semua, termasuk genting dan kayu-kayu atas, semuanya ambruk. Kejadian ini tentunya memperparah kerusakan yang kemarin. Ambruk semua atapnya," tambahnya.

Atap ruang kelas yang ambruk, kata Suci, dipastikan tidak merusak dua ruang kelas yang ada di sampingnya. Namun, khawatir membahayakan, dua ruang kelas di samping kelas yang ambruk dikosongkan sementara. Para siswa kelas I-A, I-B, dan I-C serta kelas II-A, II-B dan II-C dipindah ke ruang kelas lain.

"Tetapi, sekali lagi ini tidak merusak bangunan kelas yang ada di sampingnya, masih utuh. Tetapi karena khawatir bangunannya terpengaruh, jadi dikosongkan dulu dua kelas yang ada di sampingnya," kata Suci.

Simak juga 'Penampakan Atap SMPN 1 Dompu Rusak Diterjang Puting Beliung':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/knv)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT