Atap Ruang Kelas Ambruk, Siswa SDN Bantarjati Bogor Belajar dari Rumah

ADVERTISEMENT

Atap Ruang Kelas Ambruk, Siswa SDN Bantarjati Bogor Belajar dari Rumah

M Solihin - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 16:43 WIB
Atap ruang kelas SDN Bantarjati 9 Bogor ambruk
Atap ruang kelas SDN Bantarjati 9 Bogor ambruk. (M Solihin/detikcom)
Jakarta -

Atap ruang kelas SDN Bantarjati 9, Bogor Utara, Kota Bogor, ambruk karena diduga bangunan sudah lapuk. Pihak sekolah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada seluruh siswanya.

"Tadi kami rapat dengan para guru untuk mengkondisikan bagaimana pengaturan waktu belajar untuk anak-anak ke depannya. Hari ini kita (berlakukan) PJJ, saya sudah izin. PJJ berlaku untuk semua siswa, untuk kelas I-VI, untuk hari ini saja," kata Plt Kepala SDN Bantarjati 9, Suci Iriani, kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

Suci mengatakan, dari hasil rapat para guru dan Dinas Pendidikan Kota Bogor, dua ruang kelas yang berdampingan dengan ruang kelas yang ambruk untuk sementara tidak digunakan untuk proses belajar mengajar. Pihak sekolah khawatir membahayakan para siswa.

"Dua kelas tidak digunakan. Dikhawatirkan ketika ini ambruk, khawatirnya (dua ruang kelas) akan terbawa. Itu juga saran dari Kabid Sarpras. Jadi total ada 3 ruang kelas yang tidak digunakan untuk belajar," ucap Suci.

"Mulai besok, belajarnya kita bagi dua. Ada yang belajar pagi, ada yang siang. Untuk kelas berapanya sudah diinformasikan ke guru-guru. Kemudian nanti disosialisasikan ke para orang tua murid," tambahnya.

Suci menceritakan permohonan perbaikan ruang kelas rawan ambruk sebenarnya sudah diajukan ke Dinas Pendidikan Kota Bogor. Namun belum sempat cair dan dilakukan perbaikan, atap ruang kelas itu ambruk lebih dulu.

"Iya tahun ini (pengajuannya), karena sebelumnya kelihatannya baik-baik saja. Itu seperti ruang tengah baik-baik saja ya, tapi kan di dalam ya kita tidak tahu, tahu-tahu ambruk," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, atap ruangan kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bantarjati 9 Bogor Utara, Kota Bogor, ambruk. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

"Kejadian atap atau plafon sekolah ambruk, titik kejadian di SDN Bantarjati 9, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Tidak ada korban jiwa ataupun luka," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Theofilo Patricinio Freitas, Minggu (20/11).

Theo menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (19/11) siang, sekitar pukul 13.00 WIB. Atap yang ambruk berada di ruangan yang sebelumnya biasa digunakan untuk belajar siswa kelas I dan II SDN Bantarjati 9 Kota Bogor.

Atap bangunan ini ambruk diduga karena struktur bangunan yang sudah lapuk.

"Atap bangunan ambruk terjadi akibat sudah lapuknya material atap bangunan serta akibat curah hujan yang cukup tinggi pada akhir-akhir ini," ungkapnya.

(fas/fas)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT