Mengapa CV Harus Menarik? Ini Tips Mudah dan Tujuannya

ADVERTISEMENT

Mengapa CV Harus Menarik? Ini Tips Mudah dan Tujuannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 22:06 WIB
CV wajib dimiliki pelamar kerja. Mengapa CV harus menarik? Tujuannya agar penyeleksi pada perusahaan yang dituju tertarik dengan potensi pelamar kerja.
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/GaudiLab)
Jakarta -

CV atau Curriculum Vitae wajib dimiliki seseorang saat ingin melamar kerja. Mengapa CV harus menarik? Tujuannya agar penyeleksi pada perusahaan yang dituju tertarik dengan potensi pelamar kerja.

Lantas, bagaimana tampilan sebuah CV yang menarik? Yuk, simak informasi di bawah ini.

Mengapa CV Harus Menarik? Ini Alasannya

Sebuah CV menjadi penentu seorang pelamar kerja agar bisa masuk ke dalam tahap wawancara. Saat memilik calon kandidat karyawan, penyeleksi sebuah perusahaan akan melihat CV yang diajukan oleh pelamar kerja.

CV yang menarik tentu akan membuat penyeleksi tertarik dengan pelamar kerja. Hal ini juga menjadi penentu kesan pertama terhadap si pemilik CV tersebut.

Berdasarkan buku yang berjudul 30 Hari Mencari Kerja yang ditulis oleh M. Hariwijaya, CV (Curriculum Vitae) adalah uraian diri seseorang mengenai pengetahuan, keterampilan, dan wawasan yang dimiliki. Sebuah CV biasanya mencantumkan biodata pemilik kerja, riwayat pendidikan formal dan non formal, serta pengalaman kerja.

CV wajib dimiliki pelamar kerja. Mengapa CV harus menarik? Tujuannya agar penyeleksi pada perusahaan yang dituju tertarik dengan potensi pelamar kerja.CV wajib dimiliki pelamar kerja. Mengapa CV harus menarik? Tujuannya agar penyeleksi pada perusahaan yang dituju tertarik dengan potensi pelamar kerja. (Foto: detikcom/Thinkstock)

Tujuan CV Harus Dibuat Menarik

Pelamar kerja tentunya harus membuat CV yang menarik agar diminati oleh perusahaan yang dituju. Beberapa tujuan pembuatan CV yang menarik adalah:

- Untuk Menunjukkan Kesan Pertama

Sebelum tahap wawancara (interview), penyeleksi akan melihat CV pencari kerja terlebih dahulu. Agar penyeleksi tertarik pada CV Anda, tentunya dokumen tersebut harus dibuat semenarik mungkin sehingga menimbulkan kesan pertama yang baik pula.

- Untuk Menarik Perhatian

Tampilan CV yang menarik biasanya dibuat dengan simpel, tidak terlalu banyak warna, serta memuat informasi secara singkat, padat, dan jelas. Tujuannya agar menarik minat penyeleksi.

Penyeleksi tidak akan membaca CV seseorang terlalu lama. Oleh karena itu, pastikan CV Anda menarik penyeleksi perusahaan dari ratusan CV pelamar kerja lainnya.

Apa Saja Isi CV?

CV berisi hal-hal yang berhubungan dengan identitas seseorang. Pemilik CV juga biasanya mencantumkan pengalaman kerja formal dan non formal yang dimiliki. Bagian-bagian CV adalah sebagai berikut.

  • Data pribadi
  • Latar belakang pendidikan formal dan pendidikan tambahan (kursus)
  • Pengalaman kerja
  • Aktivitas di luar kerja formal, seperti pengalaman organisasi, pengalaman memimpin seminar atau acara-acara lainnya.

Tips Membuat CV Terlihat Menarik

Mengapa CV harus menarik? Tujuannya agar penyeleksi pekerja tertarik pada pelamar kerja. CV yang menarik hanya menampilkan poin-poin singkat, namun tetap menjelaskan tentang diri kita secara keseluruhan. CV dikemas dengan tampilan yang simpel agar menarik minat pembaca.

Cara-cara menyusun CV yang menarik adalah sebagai berikut.

  1. Informasi yang disampaikan harus jujur dan akurat
  2. Beri jarak margin pada semua sisi CV sebesar 1,5 spasi
  3. Bagian kosong membuat CV terlihat bersih dan mudah dibaca serta memberi ruang bagi pembaca untuk membubuhkan catatan di CV Anda
  4. Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamaran.
(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT