Petugas Berjibaku Evakuasi UPS Penyebab Asap di Ruang Baintelkam Polri

ADVERTISEMENT

Petugas Berjibaku Evakuasi UPS Penyebab Asap di Ruang Baintelkam Polri

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 01:52 WIB
Evakuasi baterai UPS penyebab kepulan asap di ruangan Baintelkam Mabes Polri
Evakuasi baterai UPS penyebab kepulan asap di ruangan Baintelkam Mabes Polri (Foto: Marlinda/detikcom)
Jakarta -

Petugas berjibaku mengeluarkan baterai UPS yang mengalami korsleting hingga menimbulkan asap di salah satu ruangan Baintelkam Mabes Polri. Baterai UPS itu pun akhirnya berhasil dievakuasi.

Pantauan detikcom di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2022), petugas berupaya mengevakuasi baterai UPS tersebut sejak sekitar pukul 00.25 WIB. Alat berat pun dikerahkan untuk menarik baterai seberat 500 kilogram itu.

Selama beberapa menit, petugas damkar dan operator crane tampak terus berupaya menarik keluar baterai menggunakan selang damkar.

Evakuasi baterai UPS penyebab kepulan asap di ruangan Baintelkam Mabes PolriEvakuasi baterai UPS penyebab kepulan asap di ruangan Baintelkam Mabes Polri Foto: Marlinda/detikcom

Pada sekitar pukul 00.42 WIB, satu baterai UPS berwarna hitam itu pun berhasil dievakuasi ke halaman gedung. Pukul 01.00 WIB, evakuasi kembali dilakukan untuk mengeluarkan baterai UPS berikutnya. Baterai UPS yang dievakuasi kali ini tampak dalam kondisi rusak.

Mobil damkar yang berbaris di depan Mabes Polri pun telah meninggalkan lokasi satu persatu. Hanya ada satu mobil damkar yang masih bersiaga di halaman gedung Baintelkam.

Polri Tegaskan Bukan Kebakaran

Kepala Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri Kombes Yudi Sulistiyanto membantah adanya kebakaran di salah satu ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan (Jaksel). Yudi menyebut yang terjadi hanya korstleting.

"Jadi gini perlu dijelaskan bahwa pada sekitar jam 20.00 WIB malam, jadi ada terjadi korsleting pada saat tukang menyemen baterai yang ada di Baintelkam lagi mau dibongkar. Karena gedung Baintelkam kan memang mau dibongkar kan. Sehingga menimbulkan konslet bukan kebakaran, konslet terhadap baterai UTS milik Baintelkam," kata Yudi saat dihubungi detikcom pukul 23.28 WIB, Kamis (24/11).

Yudi menyebut karena korslet itu banyak menimbulkan asap, tapi tidak muncul percikan api. Meski begitu, banyak petugas pemadam kebakaran di lokasi untuk membantu mengeluarkan asap dari dalam gedung.

(mae/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT