Polri Ungkap Penyebab Korsleting hingga Muncul Asap di Ruang Baintelkam

ADVERTISEMENT

Polri Ungkap Penyebab Korsleting hingga Muncul Asap di Ruang Baintelkam

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 25 Nov 2022 01:38 WIB
Brigjen Ahmad Ramadhan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta -

Salah satu ruangan di gedung Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri sempat dikepung asap malam ini. Asap tersebut diketahui berasal dari upaya pemadaman yang dilakukan personel Baintelkam Polri terhadap baterai UPS yang korslet.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menjelaskan awalnya teknisi hendak memindahkan baterai UPS dari salah satu ruangan di Gedung Baintelkam Polri.

"Baterai UPS yang sudah lama dan akan dipindahkan dari salah satu ruangan, mau dipindahkan ke kantor lain," kata Ramadhan dalam keterangan tertulis, Jumat (25/11/2022).

Ramadhan menjelaskan baterai UPS menyimpan daya listrik dan sensitif. Saat mengetahui baterai UPS korslet, petugas di lokasi langsung mengambil alat pemadam api ringan dan menyemprotkan ke titik korslet. Upaya ini menimbulkan banyak asap.

"Baterai UPS yang lama itu kan masih menyimpan daya listrik. Waktu mau dipindah mengalami korsleting. Terus disemprot pakai alat pemadam yang ringan itu hingga mengakibatkan asap jadi terlihat banyak," ucap Ramadhan.

Ramadhan mengatakan munculnya asap dilihat oleh petugas pelayanan markas (yanma) yang tengah piket. Menurutnya, khawatir terjadi kebakaran besar, petugas Yanma menelepon pemadam kebakaran (damkar).

"Piket Yanma melakukan pencegahan karena khawatir dengan panggil damkar," ujarnya.

Setelah situasi dinilai terkendali, proses pemindahan baterai UPS kembali berlanjut. Lagi-lagi, baterai UPS mengalami korsleting hingga dilakukan upaya pemadaman kembali.

"Kemudian diangkut lagi itu baterai UPS sisanya, korslet lagi, dipadamkan lagi. Semuanya sudah terkendali sekarang," imbuh Ramadhan.

Polri Tegaskan Bukan Kebakaran

Kepala Pelayanan Markas (Yanma) Mabes Polri Kombes Yudi Sulistiyanto membantah adanya kebakaran di salah satu ruang Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan (Jaksel). Yudi menyebut yang terjadi hanya korstleting.

"Jadi gini perlu dijelaskan bahwa pada sekitar jam 20.00 WIB malam, jadi ada terjadi korsleting pada saat tukang menyemen baterai yang ada di Baintelkam lagi mau dibongkar. Karena gedung Baintelkam kan memang mau dibongkar kan. Sehingga menimbulkan konslet bukan kebakaran, konslet terhadap baterai UTS milik Baintelkam," kata Yudi saat dihubungi detikcom pukul 23.28 WIB, Kamis (24/11/2022).

Yudi menyebut karena korslet itu banyak menimbulkan asap, tapi tidak muncul percikan api. Meski begitu, banyak petugas pemadam kebakaran di lokasi untuk membantu mengeluarkan asap dari dalam gedung.

(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT