AKBP Ridwan Ungkap Anak Buah Sambo Pinjam Teras Rumah Sebelum Nobar CCTV

ADVERTISEMENT

AKBP Ridwan Ungkap Anak Buah Sambo Pinjam Teras Rumah Sebelum Nobar CCTV

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 19:10 WIB
Sidang perusakan CCTV terkait pembunuhan Yosua di PN Jaksel (Zunita-detikcom)
Sidang perusakan CCTV terkait pembunuhan Yosua di PN Jaksel. (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan (Jaksel), AKBP Ridwan Soplanit, menceritakan momen anak buah Ferdy Sambo meminjam teras rumahnya untuk menonton CCTV yang menampilkan Brigadir N Yosua Hutabarat masih hidup. Ridwan mengatakan ada tiga anak buah Sambo yang nobar CCTV tersebut.

Tiga anak buah Ferdy Sambo itu adalah AKBP Arif Rahman, Kompol Chuck Putranto, dan Kompol Baiquni Wibowo. Untuk diketahui, rumah Ridwan Soplanit ini bersebelahan dengan rumah dinas Ferdy Sambo yang menjadi TKP pembunuhan Yosua.

"(AKBP Arif) dia pinjam teras saya. Karena senior dan memang saya kenal 'Oh silakan Bang'. Dia masuk bersama-sama, ada Arif, Chuck, dan Baiquni. Setelah itu mereka duduk, saya sempat duduk bentar karena saya nyalain mobil di garasi samping, yang saya lihat AKBP Arif sedang lihat di laptop kemudian Baiquni dan Chuck juga duduk situ," ujar Ridwan saat bersaksi di PN Jaksel, Kamis (24/11/2022).

Ridwan mengatakan dirinya sempat duduk di antara Arif, Chuck, dan Baiquni. Dia mengaku sempat mengobrol seputar lingkungan Kompleks Polri. Setelah itu, Ridwan mengaku meninggalkan tiga orang itu di teras karena ada anak buahnya, Ipda Arsyad Daiva, yang datang.

"Yang saya tahu, setelah ada percakapan dengan Chuck, kemudian setelah itu Ipda Arsyad masuk, lapor hasil olah TKP dan kendala, serta kelanjutannya. Setelah Ipda Arsyad, nggak lama kemudian Arif Rachman berdiri dan gerak cepat meninggalkan tempat, kemudian Chuck dan Baiquni juga," kata Ridwan.

"Sepengetahuan saksi apa yang dilihat Arif di laptop?" tanya hakim.

Ketika ditanya hakim isi laptop yang dibawa Arif dkk, Ridwan mengaku tidak tahu saat itu. Namun, dia ketahui pada awal Agustus 2022 setelah kasus ini terungkap, bahwa laptop tersebut berisikan rekaman CCTV Kompleks Sambo.

"Setelah itu baru saya tahu terkait CCTV pos," jawab Ridwan.

"Isi rekaman menggambarkan apa?" tanya hakim lagi.

"Setelah itu tahu, (terkait) Yosua," kata Ridwan.

"Lebih dulu Yosua datang atau Sambo dulu?" tanya hakim.

"Yosua dulu,"ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan juga 'Kodir ART Sebut Sambo Pasang CCTV di Duren Tiga, Hakim: Ah yang Benar?':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT