Pengusaha Korsel Kaget Plt Widodo Mundur dari Bursa Dirjen Imigrasi

ADVERTISEMENT

Pengusaha Korsel Kaget Plt Widodo Mundur dari Bursa Dirjen Imigrasi

Andi Saputra - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 17:02 WIB
Plt Dirjen Imigrasi mengecek TPI di Bandara Bali
Plt Dirjen Imigrasi saat melakukan pengecekan TPI di Bandara Bali. (dok.ist)
Jakarta -

Mundurnya Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahjana dari bursa Dirjen Imigrasi mengejutkan banyak pihak. Tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Salah satunya CEO KR Engingering, Mr K Chang.

"Dibandingkan dulu, sekarang ada banyak yang membaik. Selama masa pandemi, masa karantina proses visanya lebih fleksibel dari Korea. Karena VOA bagi orang asing sangat mudah mengunjunginya. Dikhawatirkan, Dirjen Imigrasi diganti, lalu kebijakan sekarang tidak dilanjutkan," kata translator Korea-Indonesia, Mrs Choi, saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (24/11/2022).

Pernyataan Mr K Chang itu terekam video yang disampaikan dalam sebuah dalam rapat perusahannya itu. Di mana perusahaan KR Engineering adalah perusahaan yang berbasis di Seoul dan bergerak dalam industri kapal laut. Menurut Mr K Chang, saat ini layanan Imigrasi Indonesia lebih baik dibandingkan negara tetangga.

"Untuk proses masuk ke Indonesia lebih nyaman daripada ke Filipina dan Vietnam," ucap Mrs Choi.

Mrs Choi mengakui sedikit khawatir apabila nantinya ada sosok baru Dirjen Imigrasi. Selain itu, Mrs Choi sangat menyambut hangat Visa Rumah Kedua yang akan diluncurkan bulan depan. Visa Rumah Kedua itu digagas oleh Widodo Ekatjahjana untuk menarik miliarder dunia guna menikmati masa tua.

"Katanya iklim Indonesia bagus jadi mau tinggal di Indonesia waktu pensiun," ujar Mrs Choi.

Sebagaimana diketahui, dalam lelang terbuka Dirjen Imigrasi itu dikejutkan dengan mundurnya Plt Dirjen Imigrasi Widodo Ekatjahajana dari bursa kursi panas Dirjen Imigrasi. Widodo mundur di saat banyak apresiasi positif terhadap kinerja Ditjen Imigrasi. Widodo hanya berujar pendek dalam suratnya:

Pengunduran diri ini dilakukan atas dasar kesadaran diri dan pertimbangan pribadi. Semoga akan lahir pemimpin baru di Ditjen Imigrasi yang dapat membawa perubahan Imigrasi ke arah yang lebih baik.

(asp/mae)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT