Megawati Beri Selamat Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

ADVERTISEMENT

Megawati Beri Selamat Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 24 Nov 2022 15:19 WIB
Megawati Soekarnoputri dan Anwar Ibrahim.
Megawati Soekarnoputri dan Anwar Ibrahim (Dok. DPP PDIP)
Jakarta -

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengucapkan selamat kepada Anwar Ibrahim yang ditetapkan menjadi Perdana Menteri (PM) Malaysia. Anwar Ibrahim menjadi PM Malaysia setelah penantian dan perjuangan selama 24 tahun.

"Ketika saya melaporkan terpilihnya Dato Anwar Ibrahim, Ibu Megawati Soekarnoputri menyampaikan ucapan selamat kepada Dato Anwar Ibrahim yang akhirnya diangkat menjadi perdana menteri setelah proses perjuangan yang panjang dan penuh keyakinan hingga akhirnya mendapatkan dukungan dari rakyat, dan partai yang dipimpinnya mendapatkan kemenangan," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022).

Hasto menceritakan pertemuan terakhir antara Megawati dan Anwar Ibrahim terjadi pada Oktober 2018 silam, ketika Anwar Ibrahim memperoleh gelar doktor honoris causa dari Universitas Negeri Padang. Saat itu, Megawati memberikan testimoni tentang perjuangan Anwar Ibrahim.

Megawati, kata Hasto, bahkan menyebut dia dan Anwar Ibrahim sama-sama politikus bukan dari karpet merah, yang bermakna sama-sama menapaki jalan politik yang terjal dan berliku. Dalam pandangan Megawati, perjuangan Anwar Ibrahim senapas dengan prinsip Satyam Eva Jayate, yang artinya pada akhirnya kebenaran akan menang.

PDIP berharap kepemimpinan Anwar Ibrahim akan memancarkan kebijaksanaan bagi kemajuan Malaysia, terwujudnya stabilitas politik, dan dapat meningkatkan kerja sama kedua negara maupun stabilitas kawasan melalui ASEAN.

Dengan penetapan Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri oleh Yang Dipertuan Agung ke-16 Sultan Abdullah, Hasto menyatakan Megawati Soekarnoputri juga berharap kerja sama di antara kedua bangsa serumpun bisa makin ditingkatkan, baik antarpemerintahan maupun kerja sama di antara kedua bangsa. PDI Perjuangan juga membuka kerja sama dengan partai politik yang ada di Malaysia, khususnya Koalisi Pakatan Harapan.

Seperti diketahui, pemimpin koalisi Pakatan Harapan Anwar Ibrahim ditunjuk oleh Raja Malaysia sebagai PM selanjutnya setelah kebuntuan politik mewarnai negara itu seusai pemilu 19 November lalu. Pelantikan Anwar sebagai PM ke-10 akan digelar Kamis (24/11) sore waktu setempat.

Seperti dilansir The Star dan Malay Mail, Kamis (24/11), Pengawas Rumah Tangga Kerajaan Malaysia, Ahmad Fadil Shamsuddin, menyatakan Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah telah menyetujui penunjukan tersebut.

"Setelah mempertimbangkan pandangan-pandangan Yang Mulia Penguasai Melayu, Yang Mulia telah memberikan persetujuan untuk menunjuk Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri ke-10 Malaysia," demikian pernyataan Istana Negara Malaysia.

Tonton Video: Anwar Ibrahim: Tokoh Reformasi yang Sempat Dibui, Kini Jadi PM Malaysia

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT