Klaim Ferdy Sambo soal Uang Ratusan Juta di Rekening Yosua dan Ricky

ADVERTISEMENT

Klaim Ferdy Sambo soal Uang Ratusan Juta di Rekening Yosua dan Ricky

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 07:26 WIB
Ferdy Sambo menjalani sidang kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J. Sedangkan istrinya, Putri Candrawathi hadir virtual karena positif COVID-19, Selasa, 22/11/2022.
Foto: Andhika Prasetia
Jakarta -

Seorang saksi pegawai bank menjelaskan adanya transaksi uang ratusan juta dari rekening Brigadir Yosua Hutabarat ke Bripka Ricky Rizal. Ferdy Sambo lalu memberi penjelasan terkait uang ratusan juta yang berada di rekening Bripka Ricky Rizal Wibowo dan Brigadir N Yosua Hutabarat adalah miliknya.

Ferdy Sambo menyebut uang ratusan juta itu bukan uang Yosua maupun Ricky, tetapi uang untuk keperluan keluarganya. Hal itu disampaikan Ferdy Sambo dalam sidang Selasa (22/11/2022) ketika menanggapi pernyataan saksi.

"Saya perlu jelaskan bahwa rekening Ricky dan Yosua bukan uang mereka, tapi uang saya untuk kebutuhan keluarga dan untuk operasional keluarga saya," ujar Ferdy Sambo saat menanggapi di PN Jaksel, Selasa (21/11/2022).

Hal senada juga disampaikan Putri Candrawathi. Putri mengatakan rekening Yosua dan Ricky itu dibuat untuk keperluan keluarga mereka.

"Bahwa pembuatan rekening atas nama Yosua dan Ricky dibuat di cabang Cibinong karena saya adalah nasabah Cibinong, dan untuk rekening Yosua untuk keperluan kas di Jakarta, sedangkan Ricky keperluan kas di Magelang. Mungkin bisa diprint atau terlihat 3 bulan rekening koran bahwa mutasi keluar uang untuk keperluan keluarga kami," jelas Putri.


Perihal Uang Ratusan Juta

Sebelumnya, ada saksi bernama Anita Amalia yang merupakan customer service bank mengungkapkan ada transferan uang dari rekening Yosua ke Ricky Rizal Wibowo. Anita mengatakan rekening Yosua mengirim uang Rp 200 juta ke rekening Ricky.

Saat uang tersebut berpindah dari rekening Yosua ke Ricky, Yosua sudah dinyatakan meninggal dunia. Proses transaksi pengiriman uang itu pada 11 Juli 2022, sedangkan Yosua dinyatakan tewas pada 8 Juli 2022.

"Kemarin Saudara terangkan bahwa berdasarkan permintaan rekening saudara Ricky Rizal, saudara temukan transaksi pada 11 Juli 2022 ada transaksi dari almarhum Brigadir Yosua sejumlah 100 juta dua kali, sementara saat itu Yosua sudah almarhum?" tanya hakim dan diamini Anita.

Awalnya Anita ditanyai hakim terkait transaksi dari rekening Yosua ke Bripka Ricky Rizal senilai Rp 200 juta yang dikirim secara bertahap.

"Ketika di-BAP ditanyakan transaksi-transaksi yang ada di rekening Saudara Ricky Rizal," ujar Anita.

Dia mengatakan ada transaksi Rp 200 juta dari rekening Yosua ke rekening Ricky Rizal. Uang tersebut dipindah pada 11 Juli 2022. Sementara Yosua tewas ditembak di rumah dinas Ferdy Sambo pada 8 Juli 2022.

"Yang saya serahkan itu data rekening koran, rekening koran tanggal 11 Juli dari rekening Ricky Rizal, ada uang masuk pemindahan dari (menyebut nomor rekening) rekening atas nama Nopriansyah Yosua sebesar Rp 100 juta sebanyak dua kali di tanggal yang sama. Jadi total Rp 200 juta," ujarnya.

Simak video 'Sambo dan Putri Jelaskan soal Uang Rp 200 Juta di Rekening Ricky dan Eliezer':

[Gambas:Video 20detik]



Baca halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT