Anggota DPR: Polisi Tak Patut Todong Senjata ke Warga, Meski Cuma Airsoft Gun

ADVERTISEMENT

Anggota DPR: Polisi Tak Patut Todong Senjata ke Warga, Meski Cuma Airsoft Gun

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 23 Nov 2022 06:43 WIB
Rano Al Fath
Anggota Komisi III DPR Fraksi PKB, Moh Rano Alfath (Foto: dok. Istimewa)
Tangerang -

Pemuda-pemuda yang nongkrong di sebuah SPBU di Pagedangan, Kabupaten Tangerang, terkaget-kaget begitu ditodong airsoft gun oleh seseorang yang ternyata merupakan anggota polisi, Aipda D. Meski memiliki niat untuk membubarkan tongkrongan tersebut karena larut malam, aksi Aipda D ini mendapatkan sorotan.

"Apapun skenarionya, anggota Polri seharusnya tidak patut dan tidak bijaksana untuk langsung menodong senjata, meskipun cuman airsoft gun juga," ujar anggota Komisi III DPR Fraksi PKB, Moh Rano Alfath, kepada wartawan, Selasa (22/11/2022).

"Saya turut menyayangkan kejadian ini dan semoga bisa dievaluasi kedepannya," sambungnya.

Menurutnya, anggota polisi seharusnya bisa lebih mengedepankan upaya-upaya persuasif dibandingkan langsung menggunakan intimidasi atau kekerasan. Karena hal ini, tegas Ranp, dapat mencoreng citra Polri dan justru membuat masyarakat semakin takut pada polisi.

"Upaya persuasif ini bisa diwujudkan melalui dialog dan pendekatan humanis agar justru tidak menciptakan perpecahan antara Polri dan masyarakat," lanjutnya.

Bubarkan Pemuda Nongkrong

Aipda D disebut menodongkan pistol untuk membubarkan tongkrongan remaja tersebut. Para pemuda itu nongkrong hingga tengah malam.

"Anggota atas nama Aipda D mengakui bahwa yang mengendarai motor dan mengeluarkan senjata airsoft gun berniat untuk membubarkan perkumpulan remaja karena masih berkumpul lewat dari jam malam," kata Kapolsek Pagedangan AKP Seala Syah Alam dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11/2022).

Seala mengatakan Aipda D telah mengakui kesalahannya. Kedua belah pihak juga telah bertemu untuk berdamai. Aipda D terancam dikenai sanksi etik atau disiplin.

Lihat juga video 'Penjelasan Polda Lampung soal Video 'Polisi' Todong Senpi ke Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT