KPK Bantah Setuju Periksa Kuasa Hukum Lukas Enembe di Jayapura

ADVERTISEMENT

KPK Bantah Setuju Periksa Kuasa Hukum Lukas Enembe di Jayapura

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 16:30 WIB
Plt Jubir KPK Ali Fikri (Hanafi-detikcom)
Foto: Plt Jubir KPK Ali Fikri (Hanafi-detikcom)
Jakarta -

Kuasa Hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Aloysius Renwarin, turut meminta diperiksa sebagai saksi kasus korupsi kliennya di Papua. Dia mengaku hal itu disetujui oleh KPK.

"Informasi yang kami terima, benar yang bersangkutan mengkonfirmasi untuk diperiksa di Jayapura. Namun tidak benar bila sudah ada persetujuan untuk saksi ini diperiksa di Jayapura," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi, Selasa (22/11/2022).

Ali menegaskan permintaan keterangan dari Aloysius bakal dilakukan sesuai dengan surat pemanggilan. Aloysius tetap diperiksa di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta.

"Sehingga sejauh ini tempat pemeriksaan sebagaimana surat panggilan yang telah diterimanya, yaitu di Kantor KPK di Jakarta," tegasnya.

Dia menyebut, penyidik KPK juga bakal meminta keterangan dari anggota tim kuasa hukum Lukas Enembe, yakni Roy Rening, selain Aloysius. Keduanya dijadwalkan diperiksa pada Kamis (24/11) mendatang.

"KPK telah berkirim surat panggilan kedua sebagai saksi untuk Tersangka Lukas Enembe terhadap Stefanus Roy Rening dan Aloysius Renwarin untuk hadir hadir Kamis, 24 November 2022 pukul 10.00 WIB di Gedung Merah Putih di Jakarta," jelas Ali.

Dalam kesempatan itu, Ali mengingatkan kepada kedua pihak itu untuk hadir memenuhi panggilan KPK. Dia mengatakan bahwa menghadiri pemeriksaan penyidik merupakan bentuk kewajiban hukum.

"Kami mengingatkan para saksi ini koperatif hadir memenuhi panggilan tersebut, karena hal itu sebagai kewajiban hukum," tutup Ali.

Aloysius Minta Diperiksa di Jayapura, Papua

Dalam keterangannya, salah satu pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, yakni Aloysius Renwarin mengaku bakal dipanggil dalam pemeriksaan kedua sebagai saksi korupsi. Aloysius meminta untuk diperiksa di Jayapura, Papua.

"Saya melakukan advokasi dan pendampingan hukum terhadap klien saya, Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Papua, maka saya meminta pada KPK, untuk diperiksa di Papua," kata Aloysius dalam keterangannya, Selasa (22/11/2022).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT