Gempa Susulan Terasa Kuat di Cugenang Cianjur Siang Ini!

ADVERTISEMENT

Gempa Susulan Terasa Kuat di Cugenang Cianjur Siang Ini!

Antara - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 14:26 WIB
Gempa Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB. Gempa bumi tersebut terasa kuat hingga mengguncang wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
Gempa Cianjur pada Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB. (Siti Fatimah/detikcom)
Cianjur -

Gempa susulan masih terasa di Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Getaran gempa cukup kuat terasa menggoyang permukaan tanah.

Pantauan ANTARA di Posko Penanggulangan Bencana Brimob Polri di Jalan Raya Cianjur-Cipanas, Selasa (22/11/2028) pukul 13.44 WIB, getaran gempa terasa kuat menggoyang permukaan tanah hingga menggetarkan kursi yang diduduki.

Sejumlah warga penyintas gempa yang mengungsi di Posko Penanggulangan Bencana Brimob Polri menampakkan wajah tidak terlalu panik.

"Kami udah puluhan kali ngerasain gempa susulan gini," kata Dadang Sukirman, salah satu warga yang mengungsi, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, gempa pertama pada Senin (21/11) sekitar pukul 13.00 WIB lebih besar dibanding gempa-gempa susulan.

"Itu mah sampai bergoyang-goyang, ada satu menit lebih, rumah saya sampai roboh," kata dia.

Ia bersama istri dan tiga anaknya serta satu cucunya mengungsi di Posko Penanggulangan Bencana Brimob Polri.

Selain rumahnya ambruk, dia dan istri mengalami luka robek di kepala hingga harus dijahit. Namun tidak dirawat di rumah sakit karena kondisi rumah sakit yang sudah penuh oleh korban gempa lainnya.

Pos Penanggulangan Bencana Brimob Polri dilengkapi tenda pleton dengan kasur lipat untuk warga yang mengungsi, termasuk untuk anggota Brimob yang beristirahat.

Di posko tersebut juga tersedia satu unit kendaraan dapur lapangan, mobil tangki air, kendaraan toilet, serta layanan pemeriksaan kesehatan dari Pusdokes Polri.

Dari laporan BMKG, gempa bumi terjadi pukul 13.21 WIB, Senin, 21 November 2022. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Data sementara yang dihimpun Pusdokes Polri per pukul 10.50 WIB, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 117 orang, korban luka ringan 336 orang, dan luka berat 34 orang.

Dari 117 korban meninggal dunia, sebanyak 113 telah teridentifikasi, sisanya belum teridentifikasi. Polri menurunkan Tim DVI Polri untuk membantu mengidentifikasi korban gempa.

Lihat Video: Dua Permintaan Utama Jokowi dalam Penanganan Gempa Cianjur

[Gambas:Video 20detik]




(idh/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT