Momen Pimpinan Komisi V DPR Tertawa Lihat Kepala BMKG Masuk Meja Saat Gempa

ADVERTISEMENT

Momen Pimpinan Komisi V DPR Tertawa Lihat Kepala BMKG Masuk Meja Saat Gempa

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 13:45 WIB
Jakarta -

Sikap Wakil Ketua Komisi V DPR Roberth Rouw saat memimpin rapat bersama BMKG dan terjadi gempa berpusat di Cianjur, Jawa Barat, dikritik. Sebabnya, Roberth tampak tertawa-tawa saat melihat aksi Kepala BMKG Dwikorita Karnawati spontan berlindung di bawah meja karena getaran gempa Cianjur terasa di lokasi rapat.

Momen itu terjadi ketika Roberth Rouw sedang membuka rapat selaku pimpinan rapat. Roberth Rouw menyadari guncangan gempa tersebut.

"Ketiga, BNPB atau Basarnas memerlukan peningkatan SDM dan perlengkapan peralatan Basarnas. Gempa," kata Roberth di ruangan rapat Komisi V DPR, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Suasana di ruangan rapat mendadak riuh. Roberth tampak tetap santai di meja pimpinan.

Roberth terdengar tertawa. Kemudian dia berkelakar.

"Ini BMKG bikin gempa ini. Ha-ha-ha...," kelakar Roberth.

Tak lama terdengar suara perempuan berbicara menggunakan mikrofon. Perempuan itu mengimbau orang yang merasakan gempa langsung berlindung di bawah meja.

"Mohon maaf kalau ada gempa bersembunyi di bawah meja," katanya.

Roberth tampak masih tertawa. Dia lalu merespons suara perempuan itu. Dia meminta para peserta rapat di ruangan mengikuti arahan tersebut. Roberth menyebut arahan itu berasal dari Kepala BMKG.

"Ini lihat ini. Harus ikut Kepala BMKG. Kepala Basarnas belum ikut, BMKG udah langsung masuk meja," ujar Roberth.

"Mohon izin sebentar, Bapak. Seandainya ada lagi, mohon untuk masuk di bawah meja. Dan kalau sudah tenang sebaiknya kita keluar melalui pintu, dibagi, yang sebelah sana pintu sana," katanya.

Roberth lalu mengajak semua pihak keluar dari ruangan lebih dulu. Dia pun menskors rapat tersebut.

"Iya harusnya kalau gempa begini kita keluar dulu. Tunggu mungkin 30 menit kita masuk lagi. Jadi saya skors kita keluar dululah," lanjutnya.

Ditanya terpisah, Ketua Komisi V DPR Lasarus membenarkan soal Kepala BMKG Dwikorita berlindung ke bawah meja saat gempa mengguncang Jakarta. Dia mengatakan Dwikorita langsung masuk ke bawah meja saat gempa terasa.

"Beliau masuk ke bawah meja," kata Lasarus.

(fca/rfs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT