ADVERTISEMENT

Bencana Alam Sisakan Duka, Mari Bantu Korban Gempa Cianjur

Tim berbuatbaik.id - detikNews
Selasa, 22 Nov 2022 10:30 WIB
Gempa Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB. Gempa bumi tersebut terasa kuat hingga mengguncang wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
Gempa Cianjur 21 November 2022 (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Jakarta -

Gempa Cianjur terjadi hari ini Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB. Gempa bumi terjadi siang kemarin terasa kuat hingga mengguncang wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Gempa berpusat di 10 km arah barat daya dari Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, dengan kedalaman gempa 10 km.

BMKG mengungkap penyebab gempa berpusat di Cianjur terasa kuat mengguncang hingga di Jakarta. Kepala BMKG Dwikorita menyebut gempa tersebut diduga akibat dari pergerakan Sesar Cimandiri.

"Diduga ini merupakan pergerakan dari Sesar Cimandiri, jadi bergerak kembali," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Senin (21/11/2022).

Tak pelak gempa ini mengakibatkan banyak korban jiwa. Update sampai malam kemarin tercatat 162 orang meninggal dunia dan ratusan orang alami luka-luka. Warga meninggal tersebar di Desa Rancagoong di Kecamatan Cilau, Desa Limbagansari di Kecamatan Cianjur, dan Kecamatan Cugenang. Warga mengungsi dilaporkan sebanyak 13.784 orang yang tersebar di beberapa titik.

Gempa juga menyebabkan longsor yang menutup jalan lintas provinsi di Kabupaten Cianjur.

Gempa Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB. Gempa bumi tersebut terasa kuat hingga mengguncang wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.Gempa Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pada pukul 13.21 WIB. Gempa bumi tersebut terasa kuat hingga mengguncang wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. (Foto: Siti Fatimah/detikcom)

Selain di Kabupaten Cianjur, kerusakan infrastruktur tercatat di Kabupaten Bogor sebanyak 46 rumah rusak, Kabupaten Sukabumi 443 rumah rusak, dan di Kota Sukabumi sebanyak 14 unit rumah rusak. Sahabat baik, betapa mengkhawatirkannya kondisi ini.

Jangan tunggu lagi, ayo bersama peduli warga Cianjur yang terdampak gempa. Segera salurkan Donasi untuk mereka yang terdampak gempa melalui LINK INI.

Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan. Sahabat baik yang telah berdonasi akan mendapatkan notifikasi dari tim kami. Selain itu, bisa memantau informasi seputar kampanye sosial yang kamu ikuti, berikut update terkininya.

Jika kamu berminat lebih dalam berkontribusi di kampanye sosial, #sahabatbaik bisa mendaftar menjadi relawan. Kamu pun bisa mengikutsertakan komunitas dalam kampanye ini.

Yuk jadi #sahabatbaik dengan #berbuatbaik mulai hari ini, mulai sekarang!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT