Gempa M 5,6 Guncang Cianjur, Perjalanan KA Bogor-Sukabumi Aman

ADVERTISEMENT

Gempa M 5,6 Guncang Cianjur, Perjalanan KA Bogor-Sukabumi Aman

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 16:02 WIB
Kereta Api lintas Bogor-Sukabumi
Kereta Api lintas Bogor-Sukabumi (Foto: dok. istimewa)
Jakarta -

Gempa bermagnitudo (M) 5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat. PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan gempa tersebut tidak mengganggu perjalanan kereta api lintas Bogor-Sukabumi.

"Menanggapi peristiwa gempa yang terjadi di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, siang ini, PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh perjalanan kereta api (KA) di wilayah kerja Daop 1 Jakarta saat ini dalam kondisi aman, lancar dan terkendali, tidak ada gangguan operasional dampak kejadian tersebut termasuk perjalanan KA Pangrango pada lintas Bogor-Sukabumi," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya, Senin (21/11/2022).

Eva mengatakan, setelah gempa mengguncang, memang perjalanan kereta sempat diberhentikan sementara hingga 10 menit. Hal tersebut dilakukan untuk pemeriksaan kondisi prasarana guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta.

"Setelah dilakukan pemeriksaan kondisi prasarana perkeretaapian seperti jalur rel, jembatan, persinyalan, listrik aliran, dan sejumlah prasarana lainnya terpantau dalam kondisi baik serta tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu operasional KA," ucapnya.

Dia menyebut seluruh petugas PT KAI Daop 1 Jakarta selalu siaga mengantisipasi semua kemungkinan yang berkaitan dengan alam, salah satunya gempa. Menurutnya, pada titik rawan petugas yang berjaga selalu melakukan pengawasan dan pemantau berkala untuk memastikan kondisi prasarana dalam kondisi baik.

"Koordinasi antara petugas penjaga daerah rawan dan semua jajaran operasional termasuk masinis yang selalu mendapatkan pantauan terbaru dari Pusat Pengendali Kereta Api juga dilakukan," ujarnya.

Daop 1 Jakarta mengimbau kepada pengguna jasa kereta agar selalu mengikuti arahan petugas di lapangan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi khusus. Untuk informasi terkait perjalanan kereta api, masyarakat dapat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, e-mail cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Gempa Cianjur

Sebelumnya, BMKG mencatat ada 25 kali gempa susulan usai gempa dengan magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur, Jawa Barat. BMKG meminta warga waspada.

"25 kali gempa susulan," kata Kepala BMKG Dwikorita dalam konferensi pers.

Dia mengatakan gempa susulan tercatat paling kuat dengan magnitudo 4. Sedangkan gempa dengan magnitudo terkecil 1,8.

"Magnitudo terbesar 4 dan terkecil 1,8," ujarnya.

Gempa di Cianjur itu juga terasa hingga Jakarta. Warga pun berhamburan akibat guncangan gempa.

Lihat Video: Longsor di Cugenang Akibat Gempa M 5.6 Cianjur

[Gambas:Video 20detik]



(fas/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT