Truk Sedot WC Buang Tinja di Dekat Hutan Kota Jaktim, Sopir Ditangkap

ADVERTISEMENT

Truk Sedot WC Buang Tinja di Dekat Hutan Kota Jaktim, Sopir Ditangkap

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 16:28 WIB
Ilustrasi mobil ketumpahan isi truk tinja
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Truk sedot WC kedapatan warga membuang tinja di dekat Hutan Kota Cawang, Jakarta Timur (Jaktim). Kini, Pemprov DKI Jakarta telah menangkap sopir truk tersebut.

"Sudah tertangkap. Sekarang lagi diproses BAP (berita acara pemeriksaan)," kata Pejabat Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Yogi Ikhwan saat dimintai konfirmasi, Senin (21/11/2022).

Yogi menjelaskan, saat ini sopir truk sedang menjalani pemeriksaan oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Selain menangkap sopir, penyidik Dinas Lingkungan Hidup mengamankan mobil truk.

"Yang BAP PPNS kita, penyidik pegawai negeri sipil dari Dinas LH. Jadi mobilnya sudah kita tahan oleh bidang gakkum kita, terus saat ini sedang di BAP," jelasnya.

Yogi kembali mengingatkan agar warga ataupun pelaku usaha membuang tinja ke tempat penampungan yang telah disiapkan. Sejauh ini, ada Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) yang tersedia di Ibu Kota, yakni IPLT Pulo Gebang dan IPLT Duri Kosambi.

"Jadi sih harapannya masyarakat itu menggunakan jasa sedot tinja resmi lah, yang dikelola oleh PT PAL gitu. Jadi itu pasti akan dibuang ke instansi pengolahan, tidak dibuang sembarangan," imbuhnya.

Viral Truk Sedot WC Buang Tinja

Seperti diketahui, dalam video yang beredar, seperti dilihat Senin (21/11), tampak truk berwarna kuning berada di tepi jalan. Di belakang truk itu, tampak tumpukan slang sehingga menyerupai truk tinja.

Kemudian perekam memergoki truk tersebut. Seketika truk tersebut tancap gas meninggalkan lokasi.

Perekam kemudian mengarahkan kameranya ke sebuah selokan jalan. Terlihat tumpahan air diduga limbah di sekitar selokan.

"Buang tahi, nih, di sini, nih pelatnya," ujar perekam.

Tampak pelat nomor truk tersebut B-9631-UFA. Peristiwa ini disebut-sebut terjadi pada Minggu (20/11), pukul 07.45 WIB. DLH DKI Jakarta tengah memburu sopir truk tersebut.

(taa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT