Lemkapi Apresiasi TNI-Polri Amankan G20, Puji Kapolri Sepekan Ngantor di Bali

ADVERTISEMENT

Lemkapi Apresiasi TNI-Polri Amankan G20, Puji Kapolri Sepekan Ngantor di Bali

Audrey Santoso - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 14:25 WIB
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan
Foto: Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan. (dok. istimewa)
Jakarta -

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) berpendapat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sangat baik dalam memimpin personel Polri saat pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali. Menurut Lemkapi, kehadiran Jenderal Sigit telah memotivasi personel Polri.

"Kehadiran Kapolri memiliki peranan penting. Dia berkantor di Bali selama seminggu, selama G20, itu berdampak memberikan motivasi kepada jajaran Polri di sana," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan kepada wartawan, Senin (21/11/2022).

"Dia memeriksa pasukan Brimob, pasukan lalu lintas ke Brimob, makan bersama dengan anggota, termasuk memeriksa teknologi yang dimiliki Korlantas Polri. Kapolri jelas sudah sangat baik memimpin pengamanan G20," tambah Edi.

Menurut Edi, Polri telah membuktikan kemampuan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) pada momen penting internasional. Edi melihat sinergitas antara Polri, TNI serta para pemangku adat.

"Polri telah menunjukkan kinerjanya dalam harkamtibmas, khususnya di G20 sangat baik. Polri juga membangun sinergitas dengan satuan lain seperti TNI. Polri juga bekerja sama dengan para pemangku adat, mereka juga punya peran penting dalam mengamankan G20," ungkap Edi.

"Kalau kita lihat dari persiapan hingga kondisi lalu lintas di sana berjalan dengan baik. Polri sudah menujukkan kepada dunia internasional bahwa Polri mampu mengamankan para kepala-kepala negara di event internasional," imbuh dia.

Lemkapi juga menyampaikan terima kasih pada TNI, BIN serta BSSN.

"Terima kasih juga kepada seluruh jajaran TNI dan BIN. Kami apresiasi juga terkait adanya serangan siber, dan Polri berkoodinasi dengan BIN dan BSSN secara cepat," pungkas dia.

(aud/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT