Usai Bertemu Menhan China, Prabowo Sambut Menhan AS di Jakarta

ADVERTISEMENT

Usai Bertemu Menhan China, Prabowo Sambut Menhan AS di Jakarta

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 21 Nov 2022 10:43 WIB
Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan AS Lloyd Austin di Jakarta (Karin Nur Secha/detikcom).
Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan AS Lloyd Austin di Jakarta (Karin Nur Secha/detikcom)
Jakarta -

Menhan RI Prabowo Subianto menyambut kedatangan Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat Lloyd J. Austin III di Jakarta. Prabowo dan Menhan AS terlihat akrab saat bertemu.

Pantauan detikcom pukul 10.23 WIB, Menhan AS tiba di kantor Kemenhan, Jakarta Pusat, Senin (21/11/2022). Menhan AS disambut iringan marching band dari Kemenhan RI. Prabowo menyambut langsung kedatangan Austin.

Prabowo dan Lloyd Austin berjabat tangan dan berpelukan. Untuk diketahui, Lloyd Austin memulai perjalanannya ke Kanada, Indonesia, dan Kamboja pada 18 November.

Prabowo Subianto sebelumnya bertemu dengan Menteri Pertahanan China Jenderal Wei Feng He di Kota Xi'an, China, Jumat (18/11) waktu setempat. Pertemuan keduanya bertujuan menguatkan kerja sama Indonesia dengan China di bidang pertahanan.

Selain soal penguatan kerja sama di bidang pertahanan, Prabowo dan Wei Feng He membahas isu terkini dunia.

"Dengan upaya kolaboratif dari kedua belah pihak, kami telah memulai perjalanan pertumbuhan yang cepat. Saya ingin berterima kasih kepada China atas dukungan berkelanjutan yang telah diberikan kepada Indonesia selama ini," ujar Prabowo dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/11).

Pertemuan di Pentagon

Sebelumnya, pada Jumat, 21 Oktober lalu, Menhan Prabowo melaksanakan pertemuan dengan Lloyd Austin di Pentagon, Virginia. Keduanya mendiskusikan penyelarasan kerja sama antara AS dengan Indonesia.

Berdasarkan keterangan tertulis tim media Prabowo Subianto, pertemuan Prabowo dengan Menhan AS dilangsungkan pada Kamis (20/10) pagi waktu setempat. Kedua negara disebut menginginkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Selaras dengan tujuan strategis untuk memajukan Indo-Pasifik yang lebih terhubung, sejahtera, aman, tangguh, serta bebas dan terbuka, saya percaya, untuk mencapai tujuan ini, dibutuhkan kerja sama dan partisipasi negara-negara Indo-Pasifik," kata Prabowo.

(ain/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT