Tutup Muktamar Muhammadiyah, Wapres Singgung Persatuan Saat Pemilu 2024

ADVERTISEMENT

Tutup Muktamar Muhammadiyah, Wapres Singgung Persatuan Saat Pemilu 2024

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 20 Nov 2022 21:14 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin tutup Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah.
Foto:Wakil Presiden Ma'ruf Amin tutup Muktamar Muhammadiyah di Solo, Jawa Tengah (dok. Satwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menutup Muktamar Muhammadiyah ke-48, di Solo, Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Wapres menyinggung soal persatuan saat Pemilu 2024.

"Pemilu yang akan datang, baik Pilpres, Pileg, itu tidak mengoyak keutuhan, dan persatuan kita," ucap Ma'ruf Amin dalam sambutan di penutupan Muktamar Muhammadiyah, di Solo, Minggu (20/11/2022).

Dalam Muktamar itu, hadir juga Wakil Ketua MPR Yandri Susanto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Wamenag Zaiunut Tauhid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming.

Kembali soal pemilu, Ma'ruf Amin merasa perbedaan pilihan merupakan hal yang biasa.

"Perbedaan partai, perbedaan Capres sebagainya tidak membelah keutuhan bangsa ini," katanya.

Ma'ruf menyebut perbedaan pilihan politik tidak menjadi masalah.

"Sering saya katakan, kalau kita berbeda capres, beda partai, kita katakan lakum partaiukum, waliyapartaiuna, partai anda partai anda, partai saya partai saya," kata Ma'ruf.

"Kalau kita beda capres, lakum capresukum, waliyacapresuna. Apalagi sama-sama Muhammadiyah," katanya.

Selain itu, Ma'ruf Amin juga menyinggung soal Indonesia Emas 2024. Menurutnya, visi dari Muhamamdiyah soal Islam berkemajuan, sejalan dengan visi Indonesia Emas 2024.

"Visi mulia ini, sejalan dengan visi bangsa Indonesia, yang tengah kita perjuangkan sekarang. Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Bangsa yang maju, menjadi satu dari lima kekuatan ekonomi dunia," katanya.

Diketahui, PP Muhammadiyah telah menyelesaikan Sidang Muktamar ke-48 di Solo. Haedar Nashir kembali terpilih menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2022-2027. Kemudian Abdul Mu'ti pun kembali menjadi sekretaris umum (Sekum).

Selain itu, Muktamar Muhammadiyah pun menetapkan Salmah Orbayinah sebagai Ketua Umum (Ketum) PP Aisyiyah. Sementara yang terpilih jadi Sekretaris Umum adalah Tri Hastuti.

(aik/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT