Festival Legendaris GrabFood di 8 Kota Apresiasi Para Pahlawan Lokal

ADVERTISEMENT

Festival Legendaris GrabFood di 8 Kota Apresiasi Para Pahlawan Lokal

Erika Dyah - detikNews
Minggu, 20 Nov 2022 19:38 WIB
Grab
Foto: Grab
Jakarta -

Grab menggelar Festival Legendaris GrabFood dengan mengusung semangat Hari Pahlawan 10 November lalu. Kegiatan ini digelar di 8 kota, antara lain Palembang, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan wilayah Jabodetabek.

Adapun puncak festival ini berlangsung Minggu (20/11/2022) di Stadion Patriot, Bekasi. Tak hanya menghadirkan ragam produk kuliner daerah legendaris, acara yang dihadiri ribuan pengunjung di beberapa kota ini juga menghadirkan momen apresiasi bagi para pahlawan lokal.

Beberapa pahlawan tersebut di antaranya pemilik usaha yang melestarikan khazanah kuliner lokal, mitra pengemudi Grab yang berperan aktif di lingkungan sekitar, serta beberapa tokoh lokal legendaris yang telah memberikan kontribusi positif untuk melestarikan budaya.

Head of Marketing, GrabFood & GrabMart, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe mengungkapkan festival ini juga makin mengedepankan posisi GrabFood sebagai tujuan utama untuk konsumen. Khususnya dalam mencari restoran-restoran, tempat makan, dan menu legendaris Indonesia.

"Festival Legendaris GrabFood yang digelar di 8 kota ini menjadi momen khusus yang kami manfaatkan untuk memberikan apresiasi bagi para pahlawan-pahlawan lokal yang telah berjasa dalam memberikan kontribusi bagi kotanya. GrabFood #Percaya kuliner Indonesia dan berharap lewat acara ini, masyarakat Indonesia dapat terus menikmati sajian lokal kebanggaan kotanya," ungkap Hadi dalam keterangan tertulis, Minggu (20/11/2022).

Ia menjelaskan sejumlah mitra resto GrabFood turut meramaikan acara Festival Legendaris GrabFood di setiap kotanya. Menurutnya, para pemilik usaha kuliner lokal berperan penting dalam melestarikan cita rasa khas Tanah Air. Sekaligus menjadi mitra strategis GrabFood dalam berkontribusi ke ekonomi daerah. Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, bisnis kuliner juga merupakan bagian dari sub sektor penyumbang terbesar Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi kreatif.

Apresiasi untuk Pahlawan Lokal

GrabJodhi Leonata Pratama, General Manager Jabodetabek, GrabFood, Grab Indonesia (kanan) menyerahkan langsung apresiasi bagi perwakilan Mitra Pengemudi Grab (Foto: dok. Grab)

Pada puncak acara festival, GrabFood mengapresiasi dua Tokoh Lokal Legendaris dari Jakarta, yaitu Yogie Achmad As-Syauqie dan Fifi Firman Muntaco. Yogie Achmad As-Syauqie adalah seorang Tokoh Lokal Legendaris Kota Jakarta yang berkontribusi melestarikan budaya khas Betawi.

Ia merupakan Ketua Komunitas Ondel-Ondel DKI Jakarta yang menaungi 25 sanggar dengan 300 anggota aktif. Sebelumnya, Yogie sempat menjadi content creator di YouTube untuk mengenalkan ondel-ondel melalui kanal Video Unik yang telah diikuti lebih dari 781.000 pengikut.

Selain itu, ada apresiasi untuk Fifi Firman Muntaco atau Mpok Fifi. Ia merupakan seniman Betawi yang mengelola sanggar musik Betawi Samrah sejak 1993 sebagai warisan dari sang ayah, mendiang sastrawan Betawi Firman Muntaco.

Semasa hidupnya, Firman telah menghasilkan ribuan karya tulis. 500 di antaranya adalah cerpen berdialek Betawi yang tersimpan di pusat dokumentasi HB Jassin, Taman Ismail Marzuki. Sebagai penerus sang ayah, Fifi Firman Muntaco dan sanggarnya kerap menjuarai berbagai lomba kesenian Betawi.

Apresiasi juga diberikan kepada para mitra pengemudi Grab yang menunjukkan peran aktifnya bagi lingkungan sekitar. Menurut Hadi, para mitra pengemudi adalah nadi bagi layanan GrabFood yang perannya tidak terelakkan dan tidak boleh luput dari apresiasi berbagai pihak.

"Tidak hanya berperan penting dalam kegiatan operasional Grab, para mitra pengemudi ini juga aktif meluangkan waktunya untuk berbagi dan berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Kami tentunya sangat berterima kasih kepada para mitra pengemudi Grab," tambah Hadi.

Sebagai informasi, ada berbagai keseruan yang bisa dirasakan dalam Festival Legendaris GrabFood. Mulai dari Zumba, mini games, dan pertunjukan musik. Acara yang juga didukung oleh Frestea Nusantara dan Le Minerale ini menyediakan produk-produk minuman sebagai pendamping santapan legendaris di festival ini di setiap kotanya.

Kobarkan Pesananmu di 21 Kota bersama GrabFood!

GrabFood menghadirkan kategori makanan Resto Legendaris dengan menawarkan puluhan ribu menu andalan kuliner Indonesia dari ribuan pelaku UMKM kuliner di 21 kota di Indonesia: Medan, Palembang, Batam, Pekanbaru, Padang, Jambi, Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Denpasar, Makassar, dan Manado. Para pelaku UMKM kuliner ini tergabung sebagai mitra resto GrabFood.

GrabLogo Resto Legendaris Kota Jakarta di GrabFood (Foto: dok. Grab)

Adapun cara memesan menu legendaris di GrabFood Resto Legendaris ini cukup mudah, yakni sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Grab & pilih layanan GrabFood

2. Ketik dan cari 'Resto Legendaris'

3. Pilih resto yang diinginkan, kemudian pilih menu kesukaan

4. Bayar dan nikmati pesanan

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT