Status Tersangka Richard Lee Gugur!

ADVERTISEMENT

Status Tersangka Richard Lee Gugur!

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 18 Nov 2022 11:22 WIB
Richard Lee saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan.
Richard Lee (Foto: Ahsan/detikHOT)
Jakarta -

Hakim mengabulkan gugatan praperadilan yang diajukan Richard Lee terkait status tersangka di kasus pencemaran nama baik dan ilegal akses. Status tersangka Richard Lee di kasus yang dilaporkan Kartika Putri itu pun dinyatakan gugur.

"Betul (Richard Lee menang gugatan praperadilan). Nomor perkara 99/Pid.Pra/2022/PN JKT.SEL dengan hakimnya Delta Tama, SH.MH," kata pejabat Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto, saat dihubungi, Jumat (18/11/2022).

Dilihat di Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) di situs PN Jakarta Selatan, hakim menyatakan penyidikan kasus pencemaran baik dan dan ilegal akses tidak sah. Hakim menyatakan penyidikan kasus tersebut tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

"Tidak sah dan tidak berdasarkan atas hukum dan oleh karenanya penetapan tersangka a quo tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat," demikian amar putusan hakim di SIPP PN Jaksel.

Richard Lee melayangkan gugatan praperadilan pada 11 Oktober 2022. Pemohon gugatan itu diketahui Richard Lee dan Hans Pranata selaku tersangka.

Dalam bunyi putusan itu juga hakim memutuskan dua penyidikan polisi yang menetapkan Richard Lee sebagai tersangka di kasus pencemaran nama baik dan ilegal akses dengan pelapor Kartika Putri tidak sah dan tidak memiliki kekuatan hukum.

"Tidak sah dan oleh karenanya penyidikan a quo tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat dan oleh karena itu diperintahkan kepada TERMOHON untuk menghentikan penyidikan," demikian kata hakim.

2 Kasus Jerat Richard Lee

Richard Lee diketahui telah ditetapkan sebagai tersangka di kasus pencemaran nama baik terhadap artis Kartika Putri. Polda Metro Jaya membenarkan soal penetapan tersangka Richard Lee di kasus tersebut.

"Richard Lee itu sudah kita tetapkan sebagai tersangka," ujar Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis kepada wartawan, Selasa (5/4).

Auliansyah mengatakan Richard Lee ditetapkan sebagai tersangka terkait dua kasus. Yang pertama adalah kasus kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri dan yang kedua di kasus illegal access.

"Jadi ada dua LP oleh Richard Lee, yang pertama terkait pencemaran nama baik yang pelapornya adalah Kartika Putri, kemudian satu lagi masalah illegal access. Dua-duanya sudah kita tetapkan sebagai tersangka," jelas Aulia.

Selain itu Richard Lee juga ditetapkan sebagai tersangka pelanggaran tindak pidana Pasal 30 jo Pasal 46 UU ITE tentang illegal access dan/atau Pasal 231 KUHP dan/atau Pasal 221 KUHP tentang menghilangkan barang bukti. Dia terancam 8 tahun hukuman penjara.

Lihat juga Video: Cerita Richard Lee Rasakan Sesaknya di Dalam Penjara

[Gambas:Video 20detik]




(jbr/dhn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT