ADVERTISEMENT

Sidang Tuntutan Ditunda, Ayu Thalia Masih Berharap Damai dengan Anak Ahok

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 19:16 WIB
ayu thalia
Ayu Thalia (Febriyantino Nur Pratama/detikcom)
Jakarta -

Sidang pembacaan tuntutan dengan terdakwa Ayu Thalia di kasus pencemaran nama baik anak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nicholas Sean, ditunda. Ayu Thalia mengaku masih mengharap ada perdamaian dengan Sean.

"Hati saya maunya damai, semuanya damai. Hanya kan sekarang masuk ke proses hukum. Kita jalani aja sesuai proses hukum yang berlaku," kata Ayu Thalia di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Jalan Gajah Mada, Kamis (17/11/2022).

Pengacara Ayu Thalia, Pitra Romadoni, mengatakan penundaan sidang pembacaan tuntutan hari ini menguatkan dakwaan yang diarahkan jaksa kepada Ayu Thalia tidak terbukti. Pitra menyinggung soal serangkaian alat bukti yang dihadirkan jaksa dalam persidangan.

"Hari ini JPU belum siap berkasnya untuk Ayu. Kami yakin JPU memberikan yang terbaik, mengingat dan menimbang fakta persidangan yang dilalui. Kita lihat bersama semua telah kita uji dan alami. Tidak ada satu saksi yang memperlihatkan Ayu Thalia menyebut nama NS secara langsung," tutur Pitra.

"Kedua, tuntutan fitnah, kita secara hukum telah mengajukan bukti visum kepada majelis hakim. Kedua bukti petunjuk celana akibat tindakan dugaan penganiayaan. Semua itu ada buktinya di majelis hakim. Kami yakin jaksa sependapat dengan pemahaman kami bahwa perkara ini tidak layak dipidana," tambahnya.

Sidang tuntutan kasus dengan terdakwa Ayu Thalia akan kembali digelar pada Kamis (24/11) pekan depan. Pitra meyakini kliennya tidak bersalah dalam kasus tersebut.

"Sidang selanjutnya 24 November 2022, (agenda) tuntutan. Kami kira dengan tidak siapnya JPU, kami yakin jaksa sependapat dengan kita," ucap Pitra.

Ayu Thalia Didakwa Fitnah-Cemarkan Nama Anak Ahok

Ayu Thalia didakwa terkait kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh anak Ahok, Nicholas Sean. Ayu Thalia dinilai melanggar Pasal 311 ayat 1 KUHP dan Pasal 310 ayat 1 KUHP.

Kasus berawal pada 27 Agustus 2021 Ayu Thalia melaporkan Nicholas Sean ke Polsek Metro Penjaringan Jakarta Utara dengan nomor laporan Nomor LP/B/147/VIII/2021/SPKT/Polsek Metro Penjaringan. Laporan itu terkait tindak pidana penganiayaan yang diduga dilakukan Nicholas Sean terhadap terdakwa Ayu Thalia.

Setelah itu, Ayu Thalia memposting di Instagram Story-nya di akun @thata_anma sambil menunjukkan luka lecet pada bagian lutut kaki sebelah kiri dan luka lecet pada bagian tulang kering kaki sebelah kanan.

Selanjutnya, dari postingan Instagram Story tersebut, banyak media yang mengirim pesan ke direct message (DM) menanyakan soal luka tersebut untuk meminta terdakwa menjelaskan. Kemudian, Ayu Thalia mengatakan luka tersebut sesuai dengan laporan terdakwa di Polsek Metro Penjaringan Jakarta Utara, hingga akhirnya banyak pemberitaan dari media massa terkait dengan laporan terdakwa di Polsek Metro Penjaringan, Jakarta Utara.

Pihak Sean mengatakan laporan Ayu itu tidak benar. Nicholas Sean tidak pernah melakukan perbuatan penganiayaan seperti yang Ayu Thalia tuduhkan, hingga akhirnya Sean melaporkan balik Ayu Thalia.

Simak juga 'Jelang Sidang, Ayu Thalia Unggah Kalimat Ini di Instagram':

[Gambas:Video 20detik]

(ygs/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT