ADVERTISEMENT

Sidang Tuntutan Ayu Thalia di Kasus Pencemaran Nama Anak Ahok Ditunda

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 18:42 WIB
Sidang Ayu Thalia
Sidang Ayu Thalia (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Sidang pembacaan tuntutan terdakwa Ayu Thalia di kasus pencemaran nama baik anak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nicholas Sean Purnama, ditunda. Sidang ditunda karena berkas tuntutan yang disusun jaksa penuntut umum (JPU) belum siap.

Sidang sedianya digelar mulai pukul 13.00 WIB di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Kamis (17/11/2022). Namun sidang mundur hingga pukul 18.15 WIB.

Hakim ketua, Sutaji, awalnya menjelaskan agenda persidangan hari ini. Dia kemudian bertanya soal tuntutan yang disiapkan oleh jaksa penuntut umum.

"Sesuai berita acara persidangan hari ini adalah pembacaan tuntutan pidana dari penuntut umum. Sudah siap?," tanya hakim Sutaji ke JPU.

"Mohon izin, Yang Mulia, belum siap, mohon ditunda," timpal jaksa.

Hakim kemudian memutuskan menunda sidang pembacaan tuntutan hari ini. Sidang akan dimulai pada Kamis (24/11) pekan depan.

Hakim Sutaji sempat bertanya kepada pengacara Ayu Thalia, Pitra Romadoni, perihal penundaan sidang hari ini. Pihak Ayu Thalia tidak keberatan dan mengikuti keputusan dari hakim.

"Kami tidak ada masalah yang mulia," ucap Pitra.

Dakwaan ke Ayu Thalia

Ayu Thalia didakwa terkait kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan oleh anak Ahok, Nicholas Sean. Ayu Thalia dinilai melanggar Pasal 311 ayat 1 KUHP dan Pasal 310 ayat 1 KUHP.

Kasus berawal pada 27 Agustus 2021 Ayu Thalia melaporkan Nicholas Sean ke Polsek Metro Penjaringan Jakarta Utara dengan nomor laporan Nomor LP/B/147/VIII/2021/SPKT/Polsek Metro Penjaringan. Laporan itu terkait tindak pidana penganiayaan yang diduga dilakukan Nicholas Sean terhadap terdakwa Ayu Thalia.

Setelah itu, Ayu Thalia memposting di Instagram Story-nya di akun @thata_anma sambil menunjukkan luka lecet pada bagian lutut kaki sebelah kiri dan luka lecet pada bagian tulang kering kaki sebelah kanan.

Selanjutnya dari postingan Instagram Story tersebut, banyak media yang melakukan direct message (DM) menanyakan terkait luka tersebut untuk meminta terdakwa menjelaskan. Kemudian Ayu Thalia mengatakan luka tersebut sesuai dengan laporan terdakwa di Polsek Metro Penjaringan Jakarta Utara, hingga akhirnya banyak pemberitaan dari media massa terkait dengan laporan terdakwa di Polsek Metro Penjaringan, Jakarta Utara.

Pihak Sean mengatakan laporan Ayu itu tidak benar. Nicholas Sean tidak pernah melakukan perbuatan penganiayaan seperti yang Ayu Thalia tuduhkan, hingga akhirnya Sean melaporkan balik Ayu Thalia.

Simak juga 'Jelang Sidang, Ayu Thalia Unggah Kalimat Ini di Instagram':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT