Ayu Thalia Jalani Sidang Tuntutan Kasus Anak Ahok Siang Ini

ADVERTISEMENT

Ayu Thalia Jalani Sidang Tuntutan Kasus Anak Ahok Siang Ini

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 11:42 WIB
Jakarta -

Terdakwa Ayu Thalia bakal menjalani sidang pembacaan tuntutan dalam kasus pencemaran nama baik anak Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Nicholas Sean. Pihak Ayu Thalia meminta jaksa adil dalam melakukan penuntutan.

Sidang tuntutan itu akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara mulai pukul 13.00 WIB. Pengacara Ayu Thalia, Pitra Romadoni, menyebut, dalam proses persidangan, kliennya tidak terbukti melakukan pencemaran nama baik dan fitnah seperti yang didakwakan jaksa.

"Karena kita ketahui bersama sesuai dengan pemeriksaan saksi-saksi yang telah dilakukan dan bukti yang telah diajukan dan diperlihatkan kepada Terdakwa, jelas kita lihat yang pertama terkait dengan pencemaran nama baik itu tidak terbukti Ayu Thalia ada menyebut nama lengkap Nicholas Sean," kata Pitra saat dihubungi, Kamis (17/11/2022).

Pitra mengatakan para saksi yang dihadirkan dalam persidangan pun menguatkan argumennya tersebut. Saksi-saksi, kata Pitra, hanya mengetahui kasus tersebut lewat pemberitaan.

"Itu bisa dikonfrontir oleh saksi-saksi. Mereka hanya melihat dari berita atau judul berita terkait karya jurnalistik. Itu tidak bisa dipidanakan. Ayu Thalia hanya menyebut kata pelaku. Itu bukan nama seseorang, tapi itu suatu asas praduga yang tidak bisa dipidana," jelas Pitra.

Ayu Thalia diketahui didakwa melanggar Pasal 310 dan 311 KUHP, masing-masing tentang pencemaran nama baik dan fitnah. Menurut Pitra, kliennya tidak pernah melakukan fitnah kepada Nicholas Sean.

"Mengenai tuduhan fitnah, itu nggak bisa dibuktikan fitnahnya di mana. Karena jelas Ayu Thalia miliki visum luka-luka dan itu riil, nyata, serta ada petunjuk lainnya terkait peristiwa yang dilaporkan oleh Ayu Thalia," tutur Pitra.

Selain itu, Pitra menyinggung soal bukti yang dihadirkan jaksa dalam persidangan. Dia menyebut bukti yang dimiliki jaksa hanya berisi flash disk yang berisi pemberitaan soal kasus yang melibatkan Ayu Thalia dan Nicholas Sean.

"Perlu kita ketahui bersama bukti yang diajukan oleh jaksa hanya flash disk yang berisi tentang berita. Di luar itu tidak bisa dijadikan alat bukti yang sah karena tidak masuk dalam berkas perkara sehingga, kalau jaksa berandai-andai dalam tuntutannya nanti di luar dari berkas perkara atau bukti yang disita, itu harus dinyatakan ditolak dan tidak bisa diterima secara hukum," katanya.

Lebih lanjut Pitra mengaku pihaknya optimistis dakwaan dari jaksa kepada kliennya soal fitnah dan pencemaran nama baik kepada Nicholas Sean tidak akan terbukti.

"Iya (optimistis). Berdasarkan fakta yang telah diuji dan bukti-bukti yang diajukan oleh JPU," ucap Pitra.

Simak halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT