Walkot Cilegon Imbau Warga Manfaatkan Lahan Kosong untuk Bertani

ADVERTISEMENT

Walkot Cilegon Imbau Warga Manfaatkan Lahan Kosong untuk Bertani

Angga Laraspati - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 13:55 WIB
Pemkot Cilegon
Foto: Pemkot Cilegon
Jakarta -

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan kosong untuk bertani. Hal ini diharapkan dapat menjaga kestabilan inflasi pangan.

"Kami ingin agar lahan-lahan kosong yang ada di Kota Cilegon ini dapat digunakan secara maksimal salah satunya yaitu dengan melakukan gerakan tanam cabai dan kebutuhan pangan lainnya," ucap Helldy dalam keterangan tertulis, Kamis (17/11/2022).

Helldy mengungkapkan Kota Cilegon telah mengalami deflasi sebesar 0.26% pada bulan Oktober yang lalu. Oleh karena itu kolaborasi antara BI dan DKPP dinilai sangat penting untuk mengubah lahan kosong tersebut.

"Pada bulan Oktober kemarin, Kota Cilegon telah mengalami deflasi sebesar 0.26 % dimana deflasi ini menjadi yang terbaik sepulau jawa oleh karenanya kolaborasi antara BI dan DKPP Cilegon ini sangat penting dan sebagai inspirasi untuk merubah lahan kosong menjadi lahan produktif," ungkap Helldy.

Helldy berharap Bank Indonesia Perwakilan Banten dapat terus mendukung Urban Farming di Kota Cilegon.

"Pemerintah Kota Cilegon sangat mengharapkan kepada Bank Indonesia Perwakilan Banten agar dapat terus mendukung program Urban Farming di Kota Cilegon baik berupa sarana dan prasarana agar supaya inflasi di Kota Cilegon dapat terkendali," katanya.

Adapun dalam rangka menjaga ketahanan pangan dan pengendalian inflasi di Kota Cilegon, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar acara Urban Farming Tanam Cabai Bersama.

Kegiatan ini yang diinisiasi oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangang (GNPIP). Ini merupakan kelanjutan dari serangkaian pelaksanaan GNPIP di wilayah Provinsi Banten.

Gerakan ini menjadi salah satu upaya guna menunjukan kesiapan stok pangan secara umum di Provinsi Banten khususnya di Kota Cilegon menjelang akhir tahun.

Saat ini, Pemerintah Kota Cilegon telah mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota No 520/2266/KP/DKPP tentang Gerakan Tanam Cabai serta Pemanfaatan Lahan Pekarangan yang diresmikan 31 Oktober 2022.

Surat Edaran itu sebagai upaya Pemkot Cilegon dalam melaksanakan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan yang tengah digencarkan oleh Pemerintah.

Sementara itu, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Gunawan mengajak untuk bersama-sama mengendalikan Inflasi di Kota Cilegon.

"Kegiatan ini sebagai program sinergitas antara Bank Indonesia dengan TPID Kota Cilegon, saya mengajak kepada seluruh masyarakat Cilegon agar dapat bersama-sama mengendalikan inflasi pangan di Kota Cilegon ini," tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan ini dirangkaikan dengan Penandatangan MoU tentang Kerjasama Antar Daerah (KAD) antara Perwakilan Pedagang Cilegon dengan Distributor Mandiri Bawang Merah Kabupaten Brebes sebagai upaya dalam pengendalian inflasi di Kota Cilegon.

Dilanjutkan, dengan Penyerahan Bantuan Bibit Cabai Merah kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Kemuning sebanyak 1.000 bibit dari Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Banten.

Ada juga Penyerahan Bantuan Hibah Uang Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) untuk 10 KWT, 3 KWT Penumbuhan dan 7 KWT Pengembangan dengan KWT Penumbuhan menerima bantuan sebesar Rp 50.000.000 dan KWT Pengembangan Rp 15.000.000 rupiah.

(ega/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT