Paman Wanda Hamidah Tak Ditahan di Kasus Serobot Lahan Japto, Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Paman Wanda Hamidah Tak Ditahan di Kasus Serobot Lahan Japto, Ini Alasannya

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 17 Nov 2022 12:43 WIB
Hangatnya Momen Kulineran Wanda Hamidah Bersama Sahabat
Wanda Hamidah (Instagram/wanda_hamidah)
Jakarta -

Polisi menetapkan paman Wanda Hamidah, Hamid Husein, sebagai tersangka dugaan penyerobotan lahan yang dilaporkan pihak Japto Soerjosoemarno. Polisi menyebut Hamid Husein tak ditahan di kasus tersebut.

"Ya seperti itu kira-kira ya (tidak ditahan)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (17/11/2022).

Zulpan mengatakan alasan tidak ditahannya Hamid Husein dalam kasus tersebut mengacu pada ancaman hukumannya yang kurang dari 5 tahun.

"Pasal 167, ancaman hukumannya di bawah 5 tahun," ujarnya.

Hamid Husein hari ini diperiksa. Namun Zulpan belum mengetahui apakah paman Wanda Hamidah itu sudah tiba di Polda Metro Jaya.

"(Soal pemeriksaan) kita belum tahu, tapi kita harapkan kooperatif jika dilakukan pemeriksaan hari ini," ujarnya.

Paman Wanda Hamidah Jadi Tersangka

Dimintai konfirmasi, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan bahwa paman Wanda Hamidah telah ditetapkan sebagai tersangka. Namun Zulpan belum memberikan penjelasan rinci terkait penetapan tersangka paman Wanda Hamidah ini.

"Benar," kata Zulpan singkat saat dihubungi detikcom, Selasa (15/11/2022).

Sementara itu, kuasa hukum Japto Soerjosoemarno, Tohom Purba, mengatakan pihaknya telah menerima surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan (SP2HP) penetapan tersangka atas nama Hamid Husein. Hamid Husein ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penyerobotan tanah yang dilaporkan pihak Japto.

"Pada hari ini, Selasa, 15 November 2022, baru saja kami menerima SP2HP dari Polda Metro Jaya terkait dengan laporan kami atas tindakan pidana yang dilakukan oleh keluarganya Wanda Hamidah, yaitu Saudara Hamid Husein, ditetapkan sebagai tersangka," kata Tohom Purba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (15/11/2022).

Dengan ditetapkannya Hamid Husein sebagai tersangka, Tohom meminta keluarga Wanda Hamidah segera angkat kaki dari rumah tersebut. Menurut Tohom, penetapan tersangka Hamid Husein ini juga membuktikan bahwa tanah tersebut milik Japto Soerjosoemarno.

"Jadi dengan ditetapkannya keluarga Wanda Hamidah ini, yaitu Saudara Hamid Husein, yang ditetapkan sebagai tersangka, maka gugur sudah statement-statement yang disampaikan oleh Saudari Wanda Hamidah selama ini bahwa pemilik daripada objek perkara yang ada di Jl Ciasem 2 dinyatakan mereka bukan pemilik. Ternyata dari sini kita buktikan bahwa objek tersebut adalah milik daripada Bapak Japto Soerjosoemarno," paparnya.

"Dan kami berharap dengan ditetapkannya Hamid Husein sebagai tersangka ini tentunya berlaku bagi penghuni-penghuni lainnya," katanya.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT