Disdik Jabar Telusuri Dugaan Pungli di SMAN Bekasi yang Disorot Ridwan Kamil

ADVERTISEMENT

Disdik Jabar Telusuri Dugaan Pungli di SMAN Bekasi yang Disorot Ridwan Kamil

Rifat Alhamidi - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 23:23 WIB
Ilustrasi pungli
Foto ilustrasi (Basith Subastian/detikcom)
Jakarta -

Disdik Jabar sudah menelusuri dugaan pungutan yang disorot langsung Gubernur Ridwan Kamil. Disdik memastikan isu itu mencuat di SMAN 3 Bekasi, Jawa Barat.

Dilansir detikJabar, Kadisdik Jabar Dedi Supandi mengatakan isu yang menghebohkan media sosial itu masih bersifat usulan. Dari laporan yang ia terima, nominal yang disebutkan hanya gambaran berapa uang sumbangan dari orang tua siswa untuk kebutuhan operasional sekolah.

"Kami sudah telusuri langsung melalui KCD Pendidikan Wilayah III Jawa Barat. Anggaran yang muncul itu hanya berupa gambaran sumbangan dalam diskusi penyusunan RKAS (rencana kegiatan dan anggaran sekolah) untuk diajukan kepada Disdik," kata Dedi dalam keterangan yang diterima, Rabu (16/11/2022).

Dedi mengungkap pembahasan rancangan sumbangan dalam rapat tersebut tidak dilakukan unsur sekolah. Rapat itu murni dilakukan komite yang memang diberi ruang untuk turut membahas masalah pendanaan sekolah yang berasal dari sumbangan orang tua siswa.

"Karena kalau (rapat) itu didorong oleh pihak sekolah, dalam hal ini kepala sekolah, maka akan ada teguran dan juga sanksi yang akan kami berikan," ujar Dedi.

Meski diberi ruang, komite sekolah wajib mengantongi izin gubernur melalui Disdik Jabar jika hendak menggelar rapat pembahasan sumbangan orang tua siswa. Dedi lalu menegaskan sumbangan itu harus bersifat sukarela dan diperuntukkan bagi peningkatan mutu sekolah.

Baca selengkapnya di sini.

(eva/eva)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT