JakLingko Balikin Saldo Penumpang TransJ Terpotong 2 Kali, Total Rp 11 Juta

ADVERTISEMENT

JakLingko Balikin Saldo Penumpang TransJ Terpotong 2 Kali, Total Rp 11 Juta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 15:50 WIB
Proyek revitalisasi Halte TransJakarta Bundaran HI sempat dikritik Sejarawan JJ Rizal. Hari ini halte tersebut mulai diuji coba.
Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan saat ini proses pengembalian dana terkait saldo terpotong dua kali saat melakukan tap in dan tap out TransJakarta terus dilakukan. Sejauh ini, total pengembalian dana (refund) mencapai 3.464 transaksi dengan nilai Rp 11,64 juta.

"Per empat Oktober (awal implementasi) sampai dengan hari ini, dari total keluhan sejumlah 1.338 pengguna layanan TransJakarta yang dilaporkan pada JakLingko customer care dan teridentifikasi pada database transaksi di JakLingko Indonesia, total refund yang berhasil dikembalikan sejumlah 3.464 transaksi senilai total Rp 11.640.000," kata Kamal dalam keterangan tertulis, Rabu (16/11/2022).

Kamal menjelaskan jumlah proses refund lebih besar dibanding jumlah keluhan karena beberapa pengguna mengalami lebih dari satu kali kejadian saldo terpotong saat tap in dan tap out di TransJakarta.

"Dan laporan yang masuk mayoritas pelanggan mem-follow-up proses refund atas laporan mereka sebelumnya. Oleh karenanya, kami mohon agar pelanggan bersabar karena seluruh permohonan refund yang berhasil terverifikasi akan diproses pengembaliannya sesuai antrean," jelasnya.

Di sisi lain, JakLingko Indonesia akan melakukan penyempurnaan integrasi sistem bersama TransJakarta. Setiap hari, sistem integrasi JakLingko melakukan pemrosesan rata-rata 362.551 dari tiga operator, yaitu TransJakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta.

"Sejauh ini, peristiwa saldo terpotong dua kali tak pernah terjadi di MRT Jakarta maupun LRT Jakarta," terangnya.

Terakhir, JakLingko mengimbau agar warga melapor ke customer care yang disediakan jika masih menemui kendala ke nomor 0812-6000-1440. Apabila kejadian tersebut diverifikasi terjadi, pelanggan berhak mendapatkan refund atas transaksi tersebut melalui tiga pilihan cara pengembalian, yaitu melalui aplikasi JakLingko, transfer bank, atau transfer dompet elektronik.

(taa/lir)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT