Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung Akan Direlokasi ke Rusun Pasar Rumput

ADVERTISEMENT

Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung Akan Direlokasi ke Rusun Pasar Rumput

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 16 Nov 2022 11:21 WIB
Pembangunan Rusun Pasar Rumput telah rampung dan siap huni. Di rusun ini terdapat 1.984 unit hunian dengan tipe 36.
Rusun Pasar Rumput (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta melanjutkan proses pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Ciliwung. Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan warga terdampak normalisasi Kali Ciliwung akan direlokasi ke Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

"Semua yang terdampak, untuk yang dikategorikan relokasi, kita harapkan dia bisa bersedia dipindahkan ke Rusun Pasar Rumput," kata Yusmada saat dimintai konfirmasi, Rabu (16/11/2022).

Yusmada tidak memerinci jumlah keluarga yang akan direlokasi ke tempat tersebut. Yang jelas, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perumahan DKI Jakarta dalam hal pendataan.

"Itu kan penyelesaiannya itu nggak sendiri saya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah menyampaikan saat ini sebanyak 500 unit hunian tersedia di Rusun Pasar Rumput. Dia pun mendorong agar relokasi bisa segera dilakukan.

"Sementara ini ada sekitar 500 unit yang bisa ditempati terlebih dahulu di Rusun Pasar rumput yang milik PUPR punya. Ini bisa, saya sudah bicara kepada Kepala Dinas Perumahan," ujar Ida.

"Jadi nanti kerja sama dengan Bapak memindahkan mana yang harus dipindahkan segera terkait normalisasi demi kurangi banjir di DKI Jakarta," tambah dia.

Sebagaimana diketahui, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menganggarkan Rp 469 miliar untuk normalisasi Kali Ciliwung dalam RAPBD 2023. Nantinya, anggaran Rp 469 miliar itu akan digunakan untuk pembebasan lahan pada empat kelurahan prioritas normalisasi Ciliwung.

Saat ini pembebasan lahan di tiga kelurahan bisa dieksekusi. Sedangkan satu kelurahan lainnya tengah menjalani proses land acquisition and resettlement action plan (LARAP) atau persiapan pembebasan lahan.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sebelumnya menyiapkan dua opsi bagi warga terdampak normalisasi Kali Ciliwung. Kedua opsi itu akan ditawarkan ketika Pemprov DKI membebaskan lahan untuk proyek normalisasi.

Simak video 'Heru Budi Jelaskan soal Kompensasi Normalisasi Ciliwung':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya pada halaman berikut.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT