7 Siswa SD di Tasikmalaya Diduga Keracunan Cikbul, Mual hingga Muntah

ADVERTISEMENT

7 Siswa SD di Tasikmalaya Diduga Keracunan Cikbul, Mual hingga Muntah

Deden Rahadian - detikNews
Selasa, 15 Nov 2022 16:22 WIB
Koran keracunan cikbul.
Korban keracunan cikbul di Tasikmalaya (Deden Rahadian/detikJabar)
Jakarta -

Tujuh siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Ciawang, Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, diduga keracunan ciki ngebul atau 'cikbul'. Mereka merasakan mual, muntah, dan begah perut setelah jajan cikbul di sekolah.

Dilansir detikJabar, peristiwa itu terjadi pada Selasa (15/11/2022). Para pelajar itu jajan cikbul sebelum masuk sekolah.

Jajanan cikbul ini merupakan camilan sejenis kue kering berbahan dasar makanan ringan yang dipadukan dengan nitrogen. Makanan ini biasanya mengeluarkan asap.

"Jadi yang beli itu satu orang, nah enam orang mencicipi. Jadi korban yang merasa gejala mual sampai muntah ada tujuh siswa," kata Kapolsek Leuwisari, IPTU Dudung Supriatna di lokasi kejadian.

Para korban langsung dibawa ke Puskesmas Leuwisari. Seorang di antaranya, Ihsan, siswa kelas VI, dirawat di IGD Rumah Sakit Umum SMC.

Kepala Seksi Pelayana RSUD SMC, dr Sudaryan, membenarkan ada satu siswa yang masuk IGD karena diduga keracunan. "Keluhan hanya perut kembung saja. Tidak benar dengan muntah darah, karena itu hanya muntah proyektil makanan saja. Saat ini kondisi korban sudah mulai membaik. Estimasi perawatan hanya satu hari sudah bisa pulang.

Pihak rumah sakit menduga para korban terkena intoksinasi makanan karana makanan yang dimakan diduga terkontaminasi dengan berbagai virus, bakteri, atau parasit lainnya, sehingga mengalami reaksi mual hingga muntah. "Itu karena ada intoksinasi makanan saja," kata dia.

Simak selengkapnya di sini.

(aik/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT