Strategi Pengelola Atasi Banjir Awet di Tol Bitung: Normalisasi Waduk

ADVERTISEMENT

Strategi Pengelola Atasi Banjir Awet di Tol Bitung: Normalisasi Waduk

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 15 Nov 2022 14:33 WIB
Banjir di Tol Jakarta Tangerang
Banjir di Tol Jakarta-Tangerang (Foto: dok. PJR Korlantas Polri)
Tangerang -

Sudah dua hari ruas jalan Tol Bitung Tangerang terendam banjir. Genangan banjir di Km 26 Tol Bitung menyebabkan akses ditutup dan dialihkan.

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti, mengatakan pihaknya memiliki strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk mengatasi banjir di Tol Bitung. Salah satu jangka panjangnya adalah melakukan normalisasi waduk yang ada di dekat lokasi tersebut.

"Adapun sebagai langkah antisipasi jangka pendek dan panjang, Jasa Marga akan melakukan normalisasi waduk untuk menambah kapasitas tampungan air," ujar Irra Susiyanti dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/11/2022).

Selain itu, pihak Jasa Marga akan melakukan upaya lain. Mulai meninggikan tanggul hingga meningkatkan kapasitas gorong-gorong di beberapa lokasi yang kerap kali terjadi banjir.

"Peninggian tanggul dan meningkatkan kapasitas gorong-gorong di sekitar lokasi genangan," ujarnya.

Jangka pendeknya, Jasa Marga melakukan penyedotan air dengan menyiagakan lima pompa air. Penyedotan saat ini masih dilakukan.

Banjir Sudah 2 Hari

Sudah dua hari banjir menggenangi ruas Jalan Tol Bitung, Tangerang. Hingga Selasa (15/11/2022) siang ini, akses Exit Tol Bitung dari arah Jakarta masih ditutup.

"Untuk keamanan dan keselamatan pengguna jalan, akses keluar Bitung dari Jakarta dan akses Bitung menuju Cikupa masih dilakukan penutupan sementara," kata Irra.

Irra mengatakan debit air sungai di sekitar Tol Bitung saat ini masih tinggi. Luapan air sungai itu yang menggenangi ruas jalan Tol Bitung, tepatnya di Km 26.

Dia menyebut pihak Jasa Marga saat ini tengah menggunakan pompa dalam menyedot genangan air di Tol Bitung.

"Saat ini debit air di sungai-sungai sekitar masih tinggi. Jasa Marga masih mengoptimalkan pompa-pompa untuk penanganan genangan," katanya.

Banjir dengan ketinggian 70 sentimeter (cm) masih menggenangi Tol Bitung, Tangerang, dari arah Jakarta. Hingga pagi ini, akses gerbang tol masih ditutup sejak Minggu (13/11) malam.

"Informasi untuk keluar Bitung saat ini masih belum bisa ya, karena masih ada genangan air 50-70 cm," kata petugas call center PT Jasa Marga, Rina, saat dihubungi pukul 06.04 WIB.

Lihat Video: Perbaikan Tanggul Jebol di Tangerang Menunggu Air Surut

[Gambas:Video 20detik]



(mea/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT