2 Hakim Agung Jadi Tersangka Dugaan Korupsi, MAKI: Miris!

ADVERTISEMENT

2 Hakim Agung Jadi Tersangka Dugaan Korupsi, MAKI: Miris!

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 15 Nov 2022 07:38 WIB
Koordinator MAKI Boyamin Saiman
Koordinator MAKI Boyamin Saiman (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

KPK menetapkan hakim agung Gazalba Saleh sebagai tersangka kasus dugaan korupsi. Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) merasa miris melihat ada dua hakim agung menjadi tersangka di KPK, yakni Sudrajad Dimyati dan Gazalba Saleh.

"Sangat miris kemudian hakim agung yang harusnya mulia sekarang sudah tersangka, bahkan dua dalam satu tarikan napas terkiat dengan OTT KPK. Sebenarnya itu tidak OTT, karena itu sudah datanya cukup, kemudian dikembangkan tersangka Sudrajad Dimyati, sekarang Gazalba Saleh," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman kepada wartawan, Senin (14/11/2022).

Boyamin mengatakan hal tersebut menjadi bukti reformasi belum menyentuh lembaga Mahkamah Agung (MA). Dia mengatakan MA harus bersih-bersih.

"Jadi ini terus terang saja sangat miris dan memang reformasi itu belum menyentuh lembaga MA, tampaknya begitu, dan peradilan sekarang mestinya ini sarana bersih-bersih," ucapnya.

Dia menyebut MA harus terbuka dan melakukan perbaikan. Menurutnya, hal itu penting agar masyarakat percaya terhadap lembaga peradilan.

"Tapi kalau mereka hanya kulit ya menutup diri dan saya berharap lembaga MA membuka diri untuk sama-sama KPK membersihkan lembaganya sehingga semakin dipercaya masyarakat. Bahwa keadilan itu masih ada dengan tanpa adanya korupsi," ujarnya.

"Tapi kalau ada korupsi dan suap, otomatis kan keadilan bisa dibeli. Maka keadilan substansi jadi tidak ada, maka saya minta KPK betul-betul mengembangkan kasus ini dan pimpinan MA membuka diri untuk bersih-bersih dan itulah yang kita harapkan," tambahnya.

Hakim Agung Gazalba Saleh Tersangka KPK

Hakim agung Gazalba Saleh ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi setelah KPK melakukan pengembangan kasus yang menjerat Hakim Sudrajad Dimyati. Lantas perkara apa yang menjerat Gazalba Saleh?

Sejatinya, KPK memang tengah melakukan pengembangan di kasus suap penanganan perkara di lingkungan Mahkamah Agung (MA). Pihak KPK mengatakan perkara itu telah masuk tahap penyidikan.

Lihat juga video 'Demi Cegah Terjadinya Suap, KPK Minta MA Rutin Rotasi Pegawai':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT