Krematorium Belum Terima Pendaftaran Kremasi Mayat Sekeluarga 'Mengering'

ADVERTISEMENT

Krematorium Belum Terima Pendaftaran Kremasi Mayat Sekeluarga 'Mengering'

Mulia Budi - detikNews
Senin, 14 Nov 2022 11:16 WIB
Sekeluarga Tewas di Kalideres: Ini 7 Kejanggalan yang Ditemukan
Rumah sekeluarga tewas 'mengering' di Jakbar. (Ilham Oktafian/detikcom)
Jakarta -

Ketua RT tempat sekeluarga tewas 'mengering' di Kalideres, Jakarta Barat, menyebut jenazah sekeluarga itu akan dikremasi hari ini. Namun pihak krematorium mengaku belum menerima pendaftaran kremasi empat jenazah tersebut.

"Sampai detik ini kita belum terima informasi maupun booking dari pihak keluarga maupun yang mengurusnya, belum ada," kata pengurus tata usaha Krematorium Cilincing, Cecep Rukhikmat, di Krematorium Cilincing, Jakarta Utara, Senin (14/11/2022).

Cecep mengatakan pendaftaran kremasi di Krematorium Cilincing bisa dilakukan secara mendadak. Kremasi mendadak itu umumnya dilakukan untuk kremasi kayu.

"Untuk persiapan proses kremasi, SOP awalnya adalah dari keluarga, yayasan, rumah duka, atau pengurus yang bersangkutan di-booking dulu ke mari, apalagi untuk diproses kremasi dioven kan antara jenazah satu atau proses pertama dan yang lain berkaitan, jadi harus wajib booking dulu," ucapnya.

"Tapi kemungkinan ada juga yang mendadak, kalau mendadak itu biasanya dikremasi kayu, kalau kremasi kayu kan tidak terkait dengan jadwal lain masing-masing, kalau oven kan jadwal pertama kedua itu terkait. Jadi kesimpulannya bisa juga dia mendadak," ujarnya

Dia mengatakan pendaftaran kremasi oven harus dilakukan melalui prosedur booking minimal sehari sebelum proses kremasi. Proses kremasi secara oven bisa dilakukan secara mendadak jika jadwal kremasi itu kosong.

"Hari ini dikremasi oven satu, dikremasi kayu dua. Dioven jam 12.00 WIB, misalnya sekarang jam 12.00 WIB ini tiba-tiba ada yang mendadak minta jam 14.00 WIB, kebetulan jadwal kosong bisa masuk," ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan Krematorium Cilincing belum menerima informasi apapun dari pihak keluarga 4 jenazah tersebut. Dia menyebut tak ada pihak keluarga yang pernah datang ke Krematorium Cilincing hingga saat ini.

"Belum ada, sama sekali nggak ada. Belum, belum ada informasi apa pun," ujar Cecep.

Sekeluarga Tewas 'Mengering'

Penemuan empat mayat satu keluarga di dalam rumah di Perum Citra Garden I Extension, Kalideres, Jakarta Barat, bikin heboh. Keempat mayat itu ialah Rudyanto Gunawan (71), Margaretha (68), Budianto Gunawan (68), dan Dian (42).

Polisi mengungkap hasil autopsi empat sekeluarga tewas 'mengering' di Kalideres diduga karena 'tidak makan dan minum cukup lama'.

Keempat mayat itu ditemukan di dalam rumah sendiri dalam keadaan rumah terkunci dari dalam. Rumah korban juga dalam kondisi rapi. Keempat mayat ditemukan di dalam ruangan yang berbeda-beda.

Ditemukan pula adanya lilin, kapur barus, hingga bedak tabur di rumah. Polisi menduga bedak bayi dan kapur barus untuk menghilangkan bau.

Dari hasil autopsi juga tidak ditemukan tanda-tanda bekas kekerasan. Selain itu, keempatnya tewas dalam waktu berbeda dalam 3 minggu.

Simak Video '5 Fakta Terbaru Kasus Sekeluarga Tewas 'Mengering' di Jakbar':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/zap)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT